Wisuda Dihadiri Jokowi, Ternyata Banyak Yang Tak Tahu Kaesang Putra Presiden
Instagram/kaesangp
Nasional

Kaesang diketahui baru saja diwisuda usai menimba ilmu selama 4 tahun di Singapore University of Social Sciences (SUSS). Namun rupanya statusnya sebagai putra Presiden Jokowi tak diketahui wisudawan lain.

WowKeren - Kabar bahagia baru diterima dari keluarga Presiden Joko Widodo. Pasalnya sang putra bungsu, Kaesang Pangarep, diketahui baru saja merampungkan studinya di Singapura.

Menuntut ilmu selama empat tahun di Singapore University of Social Sciences (SUSS), Kaesang diwisuda pada Rabu (9/10). Diketahui Kaesang mengambil Jurusan Marketing dengan peminatan Komunikasi.

Namun ada fakta menarik yang terkuak dalam acara wisuda kemarin. Sebab, ternyata, para wisudawan SUSS tak ada yang mengetahui bahwa Kaesang adalah putra orang nomor satu di Indonesia.

Status Kaesang sebagai anak Jokowi sendiri baru terungkap saat wisuda digelar. Pasalnya salah satu wisudawan sempat membaca berita yang menyebutkan bahwa putra Presiden Indonesia bersekolah di SUSS.

Tak ayal berita ini sukses menggemparkan SUSS. Menurut para wisudawan, selama empat tahun menimba ilmu di SUSS, Kaesang dikenal sebagai sosok yang pendiam. Alhasil identitasnya sebagai anak presiden tak pernah diketahui teman-temannya.


Di sisi lain, Presiden Jokowi sendiri diketahui menghadiri wisuda Kaesang bersama Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Jokowi sendiri memang tengah berada di negeri singa dalam rangka mengikuti agenda Singapore-Indonesia Leaders' Retreat.

Wisuda kemarin pun dihadiri sejumlah pejabat Singapura lain. Dilansir dari Straits Times, Presiden Singapura Halimah Yacob dan Menteri Pendidikan Ong Ye Kung juga menjadi tamu undangan di wisuda tersebut.

Sementara itu, Kaesang diketahui menjadi salah satu dari tiga wisudawan berprestasi. Ia dianggap mumpuni dalam bidang wirausaha.

Tampaknya prestasi ini sudah tak perlu lagi diragukan. Kaesang sendiri memang dikenal sebagai salah satu wirausahawan muda yang sudah memiliki beberapa bisnis startup. Salah satu yang sangat dikenal publik adalah Sang Pisang, Ternakopi, dan MangkokKu.

Dijumpai awak media selepas wisuda, Kaesang pun mengaku menjadikan keluarganya sendiri sebagai panutan. Menurutnya ayahnya dan sang kakak, Gibran Rakabuming Raka merupakan mentor yang sudah memberinya banyak ilmu soal dunia usaha.

"Ayah saya pengusaha sebelum memasuki politik," tuturnya, dikutip dari Kompas, Kamis (10/10). "Kakak saya juga pengusaha. Karena itu saya tertarik untuk memasuki dunia usaha."

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts