Bakal Calwalkot Solo yang Diusung PDIP Siap Mengalah Jika 'Ditikung' Gibran Rakabuming
Nasional

Bakal calon Wali Kota yang diusung Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo, Achmad Purnomo, mengaku legowo apabila partainya akhirnya lebih memilih untuk mengusung Gibran.

WowKeren - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, telah memantapkan diri untuk maju dalam Pemilihan Wali Kota Solo 2020 lewat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Gibran bahkan sudah menemui Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, untuk meminta restu.

Menanggapi hal tersebut, bakal calon Wali Kota yang diusung Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo, Achmad Purnomo, pun mengaku pasrah. Achmad juga legowo apabila PDIP akhirnya lebih memilih untuk mengusung Gibran sebagai Calwalkot.

"Saya pasrahkan saja semua keputusan rekomendasi calon wali kota kepada partai," ungkap Achmad pada Jumat (25/10). "Sebagai kader partai harus wajib tegak lurus kepada keputusan ketua umum dan partai."

Achmad yang kini masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo tersebut tidak mau ambil pusing soal pertemuan Gibran dan Megawati. Menurutnya, pertemuan yang digelar di kediaman Megawati pada Kamis (24/10) tersebut merupakan hal biasa antara kader partai dan ketua umumnya.


"Ya, itu hak semua orang untuk bertemu dengan orang lain," tutur Achmad. "Termasuk dia (Gibran) bertemu dengan Ibu Megawati."

Achmad menegaskan bahwa ia siap untuk mengikuti apa pun arahan PDIP nantinya. "Saya sebagai kader bakal mengikuti apapun perintah partai," jelas Achmad.

Sebelumnya, DPC PDIP Solo mengusung Achmad dan Teguh Prakosa dalam Pilwalkot Solo 2020. Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, lantas sempat mengatakan bahwa kesempatan Gibran untuk mendaftar sebagai bakal Calwalkot Solo lewat PDIP pun telah tertutup.

Gibran kemudian menemui Megawati sang Ketua Umum untuk membahas keseriusannya untuk maju dalam Pilwalkot Solo 2020. Selain itu, Gibran juga menegaskan kepada Megawati bahwa dirinya tidak pernah berencana maju Pilkada melalui jalur independen.

"Saya sampaikan keadaan di Solo seperti apa, saya sampaikan keseriusan saya untuk maju. Saya sampaikan juga bahwa karena saya sudah punya KTA PDIP saya sampaikan ke Bu Mega bahwa saya tidak akan maju lewat independen seperti yang dikatakan di Solo kemarin, itu tidak benar," ujar Gibran. "Itu saya tidak pernah berkata kepada siapa pun di mana pun kalau saya akan maju lewat independen. Saya sudah punya KTA PDIP, saya akan berjuang melalui PDIP juga."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru