Leonardo DiCaprio Dituduh Jadi Dalang Kebakaran Hutan Amazon
Getty Images
Selebriti

Pekan lalu Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyebut kalau Leonardo DiCaprio secara finansial telah mendukung kebakaran yang menghanguskan hutan Amazon.

WowKeren - Insiden kebakaran hutan Amazon sejak akhir bulan Agustus lalu memang menjadi pusat perhatian seluruh masyarakat dunia. Pasalnya, meskipun wilayah Amazon Brasil sedang mengalami musim kemarau, tetapi para ahli mencatat tahun 2019 lebih basah dari tahun-tahun sebelumnya. Para ahli itu juga menekankan bahwa tidak ada kebakaran alami di Amazon.

Terkait hal ini, pekan lalu Presiden Brasil Jair Bolsonaro mendadak menuduh aktor ternama Leonardo DiCaprio sebagai dalang di balik terbakarnya hutan Amazon. Bolsonaro menyebut kalau Leo secara finansial telah mendukung kebakaran yang menghanguskan hutan Amazon.

Bolsonaro melakukan klaim dua kali pada Jumat lalu. Ia menyebutkan, "Leonardo DiCaprio yang keren ini, kan? Memberikan uang agar Amazon terbakar". Sebelumnya, Bolsonaro juga mengatakan lewat siaran langsung Facebook bahwa Leo merupakan bagian dari kampanye internasional melawan Brasil.

Pernyataan mengejutkan tersebut muncul setelah empat petugas kebakaran sukarela ditangkap dan dituduh membakar sebagian hutan. Mereka diduga sedang berupaya meningkatkan peningkatan dana untuk organisasi internasional yang dikabarkan memiliki hubungan dengan Leonardo DiCaprio.

Pada momen Thanksgiving, putra Bolsonaro juga ikut mengklaim bahwa sang aktor "Once Upon a Time in Hollywood" menyumbangkan USD 300 ribu untuk lembaga yang membakar Amazon. Sumbangan tersebut berupa biaya pembelian foto hutan yang terbakar untuk dibagikan ke Internet.


Leonardo DiCaprio sendiri tak tinggal diam setelah namanya dicatut sebagai dalam kebakaran hutan Amazon. Melalui akun Instagram pribadinya, aktor "Titanic" tersebut memberikan penjelasan panjang dan membantah klaim tak berdasar dari Bolsonaro.

"Pada masa krisis Amazon ini, aku mendukung orang-orang Brasil yang bekerja untuk menyelamatkan warisan alam dan budaya mereka. Mereka adalah contoh yang luar biasa, menggerakkan dan merendahkan komitmen dan semangat yang dibutuhkan untuk menyelamatkan lingkungan," tulisnya.

"Masa depan ekosistem yang tak tergantikan ini dipertaruhkan dan aku bangga berdiri bersama kelompok-kelompok yang melindunginya. Meskipun layak mendapat dukungan, kami tidak mendanai organisasi yang ditargetkan."

"Aku tetap berkomitmen untuk mendukung masyarakat adat Brasil, pemerintah daerah, ilmuwan, pendidik, dan masyarakat umum yang bekerja tanpa lelah untuk mengamankan Amazon demi masa depan semua warga Brasil," pungkasnya.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait