Tepis Habib Rizieq Pernah Lapor, Mahfud MD: Dia Anggap Pemerintah RI Ilegal
Nasional

Sebelumnya, Habib Rizieq menyatakan dirinya sudah mengontak pemerintah RI terkait pencekalannya di Arab Saudi kala memberikan sambutan di Reuni 212 via video pada Senin (2/12).

WowKeren - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq, hingga kini masih belum kembali ke Tanah Air. Habib Rizieq diketahui terkendala pencekalan oleh pemerintah Arab Saudi.

Dalam Reuni 212 pada hari ini (2/12), Habib Rizieq menyampaikan lewat videonya bahwa pihak yang pertama kali ia hubungi ketika dirinya tak bisa pulang ke Indonesia adalah otoritas RI. Habib Rizieq bahkan mengatakan bahwa ia juga disambangi oleh Petugas dari Badan Intelijen Negara (BIN). Menurutnya, petugas tersebut dikirim langsung oleh Dubes RI untuk Saudi Agus Maftuh dari Riyadh ke rumahnya yang berada di Mekah.

"Saya mau sampaikan secara langsung, bawa pada saat terjadi pencekalan pihak yang pertama kali saya hubungi adalah pihak otoritas Republik Indonesia," katanya. "Bahkan Dubes RI yang berkedudukan di Riyadh mengirim seorang utusan secara resmi yaitu ketua pos Badan Intelijen Negara ke rumah saya untuk meminta keterangan. Ketua Pos BIN tersebut meminta sejumlah berkas keimigrasian dalam bentuk fotokopi dan semua itu sudah saya berikan."

Pernyataan Habib Rizieq tersebut lantas dibantah oleh Menko Polhukam Mahfud MD. Menurut Mahfud, Habib Rizieq tak pernah datang ke KBRI lantaran menganggap pemerintah Indonesia ilegal.

"Tidak ada (Habib Rizieq melapor). Saya sudah bicara dengan Kedubes, tidak pernah," tegas Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam pada Senin (2/12). "Dia tidak pernah datang, dia menganggap pemerintah ilegal."


Meski demikian, Mahfud membenarkan ada orang yang pernah menemui Habib Rizieq untuk menanyakan persoalan yang dialaminya. Namun, Mahfud tidak menjelaskan siapa pihak yang menemui Habib Rizieq.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut lantas kembali menegaskan bahwa Habib Rizieq tidak pernah melapor ke KBRI di Saudi. "Dia sendiri tidak pernah melapor. Kapan gitu laporannya tidak ada," ujar Mahfud.

Sebelumnya, Mahfud juga sudah pernah membuat pernyataan serupa terkait Habib Rizieq. Ia menegaskan bahwa pemerintah tak bisa berbuat banyak untuk kepulangan Rizieq sebab urusannya bukan dengan pemerintah RI.

Selain itu Mahfud juga mengaku bahwa selama ini Rizieq tidak pernah melapor. Pemerintah selama ini hanya mengetahui isu pencekalan Rizieq melalui media sosial. Sehingga jika tidak ada laporan maka pemerintah pun juga tidak bisa menindaklanjutinya.

"Tapi sampai saat ini tidak ada dan Habib Rizieq sendiri tidak pernah melapor tentang masalahnya," kata Mahfud pada Rabu (27/11) pekan lalu. "Kita mendengarnya dari YouTube dari medsos, kalau tidak melapor bagaimana kita mau bertindak."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru