Sering Diabaikan, Yuk Simak 7 Hal Serba-serbi Tentang Parfum Kadaluwarsa!
Lifestyle

Meski sudah lama disimpan, parfum yang kalian miliki mungkin masih memiliki aroma yang sama seperti saat pertama kali dibeli. Namun, parfum tersebut bisa saja mengalami kadaluwarsa.

WowKeren - Menyemprotkan parfum sebelum beraktivitas atau bepergian keluar rumah memang dapat membuat tubuh jadi lebih wangi dan meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Tidak hanya para wanita saja yang suka menggunakan parfum, tapi para pria juga.

Jika memperhatikan kemasan produk skincare, seperti pelembap, eye cream, maupun sunscreen, Kalian akan menemukan informasi mengenai tanggal kadaluwarsa dengan mudah. Namun, pernahkah kalian menemukan tanggal kadaluwarsa parfum?

Meski sudah lama disimpan, parfum yang kalian miliki mungkin masih memiliki aroma yang sama seperti saat pertama kali dibeli. Namun, parfum tersebut bisa saja mengalami kadaluwarsa. Penasaran serba-serbi mengenai parfum kadaluwarsa? Berikut tim WowKeren rangkum hal-hal yang perlu kalian ketahui. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Parfum Yang Kadaluwarsa Tidak Benar-benar Kadaluwarsa


Parfum Yang Kadaluwarsa Tidak Benar-benar Kadaluwarsa

Saat mendengar kata kadaluwarsa, kalian pasti akan terbayang bahwa parfum itu sudah busuk atau tak bisa digunakan lagi. Seperti produk kosmetik lainnya parfum juga punya masa kadaluwarsa. Parfum memang tak pernah basi, namun parfum juga akan kadaluwarsa. Saat parfum sudah mulai kadaluwarsa maka parfum tak akan maksimal.

Parfum bisa jadi malah akan meninggalkan aroma tak sedap, aromanya berubah, atau bahkan warnanya jadi tak sama lagi. Umumnya parfum bisa bertahan lebih dari setahun kok asal penyimpanannya benar.

2. Yuk Kenali Ciri-ciri Parfum Yang Kadaluwarsa


Yuk Kenali Ciri-ciri Parfum Yang Kadaluwarsa

Karena merupakan campuran alkohol atau air, maka parfum atau cologne tidak akan pernah basi, namun mereka bisa kadaluwarsa. Ciri kadaluarsa sebuah parfum, seperti dilansir ebay.com, adalah seperti ini.

Parfum yang mulai kadaluwarsa akan meninggalkan aroma tak sedap. Selain itu, aromanya juga mulai berubah dari semula. Warna parfum pun akan berubah berubah seiring waktu karena perubahan bahan kimia di dalamnya. Misalnya saja parfum dengan kandungan vanilla, ketika ia kadaluwarsa ia akan berubah menghitam dan keruh.

3. Parfum Kadaluwarsa Bisa Dipakai Atau Tidak Ya?


Parfum Kadaluwarsa Bisa Dipakai Atau Tidak Ya?

Menggunakan parfum yang kadaluwarsa memang tak dianjurkan. Hal ini karena perubahan bahan kimia yang terjadi di parfum sehingga kulit kalian rentan mengalami iritasi. Selain itu, aroma parfum akan berbeda dan cenderung tidak enak jika diaplikasikan ke kulit.

Saat menyentuh kulit, parfum akan bereaksi dengan panas tubuh dan justru menimbulkan aroma yang kurang sedap. Jadi jika kalian mendapati parfum yang kadaluwarsa lebih baik hindari untuk memakainya ya.

4. Apa Efek Menggunakan Parfum Kadaluwarsa?


Apa Efek Menggunakan Parfum Kadaluwarsa?

Umumnya parfum bisa bertahan lebih dari setahun asal penyimpanannya benar. Nah, jika parfum sudah kadaluwarsa dan kalian terlanjur memakainya, tak khawatir. Parfum yang kadaluwarsa memang sudah tak bisa dikenakan lagi pada kulit karena berisiko menyebabkan iritasi dan gangguan kulit lainnya.

Namun tak ada efek lain jika kalian secara tak sengaja menggunakannya. Kalian hanya perlu membilasnya dengan air mengalir agar parfum hilang dari kulit. Selebihnya parfum kadaluwarsa masih bisa digunakan untuk keperluan lain dan tidak berbahaya pada tubuh.

5. Ada Beberapa Jenis Parfum Yang Cepat Kadaluwarsa


Ada Beberapa Jenis Parfum Yang Cepat Kadaluwarsa

Sebelum membeli parfum, pastikan kalian mengecek kandungan parfum yang akan dibeli. Parfum yang awet dan masih lama expired biasanya adalah parfum dengan aroma dasar yang kuat cenderung lebih tahan lama, bahkan aromanya menjadi lebih kaya dari waktu ke waktu.

Contoh aroma yang cukup kuat adalah aroma oriental, seperti woody, patchouli, dan vetiver. Aroma yang light seperti citrus dan floral cenderung tidak awet karena mudah berevaporasi. Selain itu, kalian dapat memilih parfum dengan kadar alkohol yang tinggi, seperti Eau de Parfum dan Eau de Toilette. Semakin tinggi kandungan alkohol pada parfum, semakin awet pula aromanya saat digunakan atau disimpan di dalam botol.

6. Jangan Dibuang, Parfum Kadaluwarsa Bisa Dimanfaatkan Kembali


Jangan Dibuang, Parfum Kadaluwarsa Bisa Dimanfaatkan Kembali

Parfum yang kadaluwarsa memang dianjurkan untuk tidak digunakan kembali. Tapi ternyata kalian bisa memanfaatkannya jadi benda yang lebih berguna. Kalian bisa menyulap parfum yang sudah kadaluwarsa jadi pengharum ruangan atau kamar mandi.

Kalian juga bisa memanfaatkannya jadi pengharum mobil. Untuk membuat seluruh ruangan jadi wangi yang perlu kamu lakukan adalah dengan menyemprotkan parfum ke kain lap dan usapkan pada beberapa bagian ruangan seperti meja atau jendela. Kalian juga bisa menyemprotkannya pada kipas angin untuk menebar wangi parfum ke seluruh ruangan.

7. Inilah Tips Menyimpan Parfum Agar Tak Kadaluwarsa


Inilah Tips Menyimpan Parfum Agar Tak Kadaluwarsa

Selain kandungan parfum, kalian juga harus memperhatikan cara penyimpanan parfum. Meletakkan parfum pada tempat yang terang, terkena paparan sinar matahari secara langsung, dan banyak udara akan membuat kandungan parfum kalian menurun kualitasnya loh.

Selain itu, udara dapat membuat komposisi parfum terkontaminasi dan teroksidasi. Simpanlah parfum kalian di ruangan yang kering dan tertutup, seperti laci meja rias. Hindari pula menaruh parfum di kamar mandi untuk mencegah air dan udara lembap merusak komposisi parfum kalian.

Intip juga beberapa rekomendasi parfum murah yang berkualitas di sini. Simak juga beberapa tips dan trik membedakan make up palsu dan asli di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru