Ekspor Benih Lobster Mau Dihidupkan Lagi Oleh Menteri KKP Edhy, Susi Pudjiastuti Peringatkan Hal Ini
Nasional
Kebijakan Edhy Prabowo vs Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo diketahui berencana membuka keran ekspor benih lobster, sebuah kebijakan yang dilarang oleh Susi kala ia masih menjabat dahulu.

WowKeren - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo kembali mengambil kebijakan yang berseberangan dengan pendahulunya, Susi Pudjiastuti. Edhy diketahui berencana membuka keran ekspor benih lobster, sebuah kebijakan yang dilarang oleh Susi kala ia masih menjabat dahulu.

Politisi Partai Gerindra tersebut mengaku menyadari potensi pasar benih lobster itu ketika mengirim tim ke Vietnam untuk memantau harga benih lobster. Oleh sebab itu, Edhy mendorong petambak untuk menyediakan restok lobster dewasa sebanyak lima persen.


Menanggapi hal tersebut, Susi lantas memperingatkan tentang dampak ekspor benih lobster. Hal ini disamapaikan Susi lewat video yang diunggahnya ke akun Instagram pribadinya.

Video yang diunggah Susi tersebut sebenarnya merupakan video lama yang diambil kala Susi berada di Trenggalek pada awal tahun 2019. "Mengingatkan kembali, vlog ini saya buat di Trenggalek pada awal tahun ini," tulis Susi pada Kamis (5/12).

Dalam video tersebut, Susi berbicara tentang ancaman kepunahan lobster di Indonesia apabila benih-benih lobster terus diambil. Susi juga menyebut bahwa ekspor benih lobster hanya akan memperkaya Vietnam saja.

"Apabila kita tidak mau menghentikan pengambilan bibit-bibit lobster, kita hanya akan memperkaya Vietnam dan Indonesia tidak akan pernah lagi lihat lobster-lobster di lautan kita.

Lebih lanjut, Susi mengungkapkan bahwa nelayan di Trenggalek dulunya bisa mendapatkan setengah sampai satu ton lobster besar dalam sehari. Lobster-lobster tersebut lantas diekspor dengan nilai Rp 1 - 2 juta.

Kini, harga lobster tersebut bisa mencapai harga lebih dari Rp 4 juta. "Namun bibitnya diambil dengan harga Rp 10 ribu, Rp 30 ribu dan Rp 100 ribu. Kita menggali kematian kepunahan dari lobster-lobster kita," lanjut Susi.

Oleh sebab itu, Susi meminta agar semua pihak menyadari ancaman kepunahan lobster di Indonesia ini. Ia mengimbau agar benih-benih lobster dibiarkan tumbuh besar di perairan Indonesia.

"Tolonglah kalau bisa kita semua sadar, laut masa depan bangsa kita dijaga dan hentikan pengambilan bibit (lobster)," pungkas Susi. "Biarkan mereka hidup dan besar, beranak pinak untuk kita ambil terus menerus, ada dan banyak. Kalau kita ambil bibit, kita pun akan kehilangan lobster-lobster kita selamanya."

You can share this post!

Related Posts