Butuh Tips Bangku Nyaman Di Pesawat? Intip Serba-serbi Memilih Tempat Duduk Sesuai Kebutuhan Berikut
Travel

Salah satu faktor yang menunjang kenyamanan selama penerbangan adalah posisi duduk di dalam kabin pesawat. Jadi tak ada salahnya untuk memahami pemilihan tempat duduk yang nyaman selama di pesawat.

WowKeren - Salah satu faktor yang menunjang kenyamanan selama penerbangan adalah posisi duduk di dalam kabin pesawat. Namun, bagi kalian yang sering mengandalkan tiket pesawat murah untuk terbang ke destinasi tujuan, maskapai berbiaya rendah biasanya tidak memberikan opsi memilih tempat duduk.

Namun tak ada salahnya untuk memahami pemilihan tempat duduk yang nyaman selama di pesawat, apalagi jika kalian menjalani perjalanan jarah jauh. Pemilihan tempat duduk ini disesuaikan dengan kebutuhan, beberapa bagian kabin memiliki kenyamanan sendiri-sendiri.


Nah, bagi kalian yang suka traveling dengan memanfaatkan jalur udara, berikut ini beberapa serba-serbi tentang bangku pesawat terbang yang mungkin belum banyak diketahui yang tim WowKeren rangkum. Beberapa pembahasan ini bisa menjadi referensi kalian untuk memilih tempat duduk sesuai kebutuhan. Yuk disimak!

1. Duduk Dekat Dengan Sayap Paling Minim Guncangan


Duduk Dekat Dengan Sayap Paling Minim Guncangan

Jika kalian mencari perjalanan yang paling mulus, duduk di dekat sayap di pesawat besar yang terbang lebih tinggi akan menguntungkan kalian. Tempat terbaik untuk meminimalisir turbulensi adalah area kursi di sekitar sayap pesawat. Kursi ini akan membuat kalian jadi lebih dekat ke pusat massa pesawat.

Sementara kekuatan seperti daya angkat, torsi, angin, gravitasi, tarikan dan daya dorong lebih terasa di ujung-ujung pesawat. Duduk di tengah pesawat dekat sayap akan membuat perjalananmu mulus. Selain itu, studi yang dilakukan oleh Popular Mechanics, menyebutkna bahwa tempat duduk yang berada di belakang area sayap hingga bagian ekor pesawat memiliki kemungkinan 40 persen selamat dari bahaya kecelakaan pesawat dibandingkan penumpang yang duduk di deretan depan.

2. Hindari Duduk Bagian Depan Jika Ingin Suasana Tenang


Hindari Duduk Bagian Depan Jika Ingin Suasana Tenang

Untuk kalian yang ingin beristirahat di dalam perjalanan bisa memilih kursi bagian depan. Jika kurang beruntung, coba untuk memilih kursi di daerah lorong. Untuk kursi yang paling tenang adalah duduk sejauh mungkin dari mesin yakni di bagian belakang. Jika kalian kehilangan barisan depan, maka duduklah di kursi di lorong.

Jadi jika kalian ingin perjalanan kalian tenang tanpa ada gangguan suara mesin, kalian dianjurkan untuk memilih bangku bagian depan. Hal ini karena mesin pesawat terdapat di bagian belakang dan di samping sayap pesawat.

3. Pilih Bangku Dekat Pintu Darurat Untuk Ruang Lebih Lega


Pilih Bangku Dekat Pintu Darurat Untuk Ruang Lebih Lega

Kebanyakan orang akan mengeluh karena ruangan yang terlalu sempit di antara kursi jika terbang dengan pesawat kelas ekonomi. Nah, jika kalian punya kaki yang panjang, tempat duduk pesawat biasa akan buat tidak nyaman sepanjang perjalanan.

Tips-nya kalian bisa memilih kursi dekat pintu darurat untuk mendapatkan tempat duduk dengan kaki yang lebih luas. Namun jika kalian memilih tempat duduk ini, kalian akan dimintai tanggung jawab dari awak kabin untuk untuk membuka pintu darurat pertama kali jika adanya ancaman kecelakaan.

4. Bagian Belakang Memudahkan Ke Toilet


Bagian Belakang Memudahkan Ke Toilet

Sebagian besar orang akan memanfaatkan toilet pesawat untuk buang air saat terbang. Aktivitas yang satu ini buat kalian harus bangkit dari tempat duduk dan beranjak ke toilet. Di saat itu pula, kalian mungkin akan mengganggu orang lain.

Jika duduk dekat jendela, kalian akan menemukan sedikit kesulitan untuk keluar dari tempat duduk. Toilet penumpang biasanya terletak di bagian belakang pesawat. Jadi, buat pergi ke toilet dengan nyaman, pilih tempat duduk di bagian belakang.

5. Duduk Dekat Lorong Jika Ingin Mudah Keluar Pesawat


Duduk Dekat Lorong Jika Ingin Mudah Keluar Pesawat

Setelah melalui perjalanan panjang, menunggu 10 menit untuk keluar pesawat saja akan terasa lama. Jika Anda ingin keluar pesawat sesaat setelah pesawat berhenti, ada baiknya pilih kursi dekat lorong pesawat. Hal ini akan membuat kalian langsung berada di jalan keluar pesawat.

Jika memungkinkan, pilihlah bangku terdepan di sebelah kiri. Posisi duduk di sana membuat kalian tidak perlu menunggu orang untuk keluar seperti jika memilih kursi di belakang. Hal ini karena kalian akan langsung dihadapkan dengan pintu keluar.

6. Duduk Di Belakang Dinding Atau Bulkhead Jika Bawa Anak-anak


Duduk Di Belakang Dinding Atau Bulkhead Jika Bawa Anak-anak

Pesawat besar yang memiliki kelas berbeda terdapat area bulkhead atau tempat duduk di belakang dinding pembatas kelas bisnis dengan ekonomi atau kabin dengan toilet. Area tersebut memiliki space ruang yang cukup luas, sehingga memilih bangku pesawat terbang pada bagian tersebut bisa menjadi alternatif terbaik bagi kalian yang melakukan perjalanan bersama si kecil.

Space lapang tersebut dapat menjadi tempat bermain si kecil atau untuk menaruh kereta bayi. Selain itu, buah hati kalian tidak akan membuat orang lain terganggu ketika sedang bermain. Ruang kaki yang luas juga membuat anak tidak sumpek serta membuat ibu pegal-pegal.

7. Pilih Bangku Dekat Jendela Jika Berniat Istirahat Selama Perjalanan


Pilih Bangku Dekat Jendela Jika Berniat Istirahat Selama Perjalanan

Posisi tempat duduk di samping jendela merupakan favorit bagi sebagian besar penumpang. Apalagi jika harus melakukan perjalanan yang cukup panjang, bangku pesawat terbang pada posisi ini menjadi pilihan karena bisa mengusir rasa bosan.

Hal ini karena saat perjalanan, kalian dapat melihat dan menikmati pemandangan dari ketinggian. Selain itu, beberapa orang memilih duduk di bangku dekat jendela, supaya saat perjalanan mereka dapat tidur lebih tenang dan tidak terganggu dengan lalu lalang penumpang lain atau kru pesawat.

Intip juga tips menjaga koper kita ketika sedang bepergian di sini. Simak juga tips traveling selama hamil dengan pesawat di sini.

You can share this post!

Related Posts