Kalah Populer Dari Petahana Achmad Purnomo, Gibran Rakabuming Buka Suara
Nasional

Berdasarkan hasil survei Median, popularitas Gibran di Solo masih berada di bawah petahana sekaligus Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. Elektabilitas Achmad hampir 2 kali lipat lebih tinggi daripada Gibran.

WowKeren - Lembaga Median telah merilis hasil surveinya yang menyatakan bahwa popularitas dan juga elektabilitas Gibran Rakabuming berada di bawah Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. Bahkan, elektabilitas Achmad hampir 2 kali lipat lebih tinggi daripada Gibran di Solo.

Menanggapi hasil survei tersebut, Gibran pun buka suara. Putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut rupanya memberi tanggapan santai karena menilai proses Pilkada kini masih berada di tahap awal.

Menurut Gibran, namanya yang berada di urutan kedua setelah Achmad telah menjadi modal yang baik. "Ya enggak apa-apa," tutur Gibran usai mengambil rapor putranya, Jan Ethes, di Manahan, Solo, pada Selasa (17/12).

Lebih lanjut, Gibran mengaku memiliki tim internal yang mengadakan survei setiap bulannya. "Ada (survei internal). Tiap bulan," lanjut Gibran.


Sebelumnya, Direktur Utama Median, Rico Marbun, mengungkapkan ada 18 nama yang muncul dalam survei popularitas di Solo. Dari belasan nama tersebut, hanya ada 2 yang popularitasnya di atas rata-rata, yakni Gibran dan Achmad Purnomo.

"Hanya ada dua nama popularitas di atas yang lain. Achmad Purnomo 94,5 persen dan kedua Gibran 82,3 persen," ungkap Rico dalam jumpa pers di Jakarta pada Senin (16/12). "Sisanya semua di bawah 50 persen."

Tak hanya dari sisi popularitas, dalam segi elektabilitas atau keterpilihan, Gibran juga masih berada di bawah Achmad. Gibran yang merupakan putra sang Presiden memiliki elektabilitas 24,5 persen. Sedangkan Achmad yang didukung oleh DPC PDIP Solo memiliki elektabilitas 45 persen.

"Dua orang saja sementara ini, yaitu petahana dengan elektabilitas 45 persen," terang Rico. "Kemudian Gibran, sementara tokoh-tokoh lainnya sampai saat ini belum cukup signifikan."

Berdasarkan survei Median, alasan warga Solo memilih Achmad adalah sang petahana yang dinilai berpengalaman, merakyat, dan juga belum ada calon lain. Sedangkan para pemilih Gibran beralasan usia muda, pengusaha kreatif, dan juga anak Presiden Jokowi.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru