Bupati Sidoarjo Terkena OTT Perdana KPK, Bukti Lembaga Tak Dilemahkan?
Nasional

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, menjadi salah satu pejabat yang di OTT KPK pada Selasa (7/1) malam. OTT ini merupakan gebrakan pertama KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri yang kontroversial.

WowKeren - Kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah kepemimpinan Komjen Pol Firli Bahuri cs memang masih disangsikan sejumlah pihak. Hal ini tentu tak lepas dari berbagai kontroversi yang mengiringi keterpilihan mereka tahun lalu.

Namun tampaknya kekhawatiran itu tak perlu diperpanjang. Pasalnya pada Selasa (7/1) malam kemarin, KPK diketahui baru saja melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah.

Dilansir dari laman Detik News, OTT ini digelar di Sidoarjo, Jawa Timur. Selain Saiful, KPK juga mengamankan sejumlah pihak lain yang belum diketahui latar belakangnya.

Terkait dengan latar belakang OTT, KPK belum memberikan keterangan detail. Dalam konfirmasinya, Ketua KPK Firli hanya menyebut Saiful terlibat dalam kasus rasuah terkait proyek pengadaan di Pemkab Sidoarjo.

"Benar. KPK telah mengamankan seorang kepala daerah dan beberapa pihak lainnya di Kabupaten Sidoarjo," ujar Firli. "Terkait pengadaan barang dan jasa."


Pihak yang terkait kasus pun langsung digelandang ke Polda Jatim untuk dimintai keterangan. Mereka terpantau tiba di Polda Jatim sekitar pukul 23.26 WIB.

"Saat ini KPK kerja sama dengan Polda Jatim. Untuk pemeriksaan awal dilaksanakan di Polda Jatim," terang Firli. "Besok (8/1) kita jelaskan para pihak yang terlibat dalam proyek pengadaan barang dan jasa di kabupaten tersebut."

Tertangkapnya Saiful pun menjadi pembicaraan panas. Masih dilansir dari Detik News, Saiful terpantau kelaur dari Gedung Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Jatim sekitar pukul 04.29 WIB.

Usai diperiksa di Polda Jatim, sedianya Saiful langsung diberangkatkan penyidik ke Jakarta. Menjelang pemberangkatannya ke Bandara Internasional Juanda itulah, Saiful sempat berkenan memberikan komentar terkait penangkapannya.

Namun jawaban Saiful pun menjadi perhatian tersendiri. Pasalnya Saiful mengaku tidak tahu-menahu mengenai kasus rasuah yang membuatnya harus diperiksa penyidik seperti itu. "Tidak ada itu. Saya nggak tahu," jawab Saiful, Rabu (8/1) pagi.

Hal senada juga dilakukan oleh "rombongan" Saiful yang juga akan diberangkatkan ke Jakarta. Mereka kompak bungkam ketika ditanyai awak media soal kasus yang menjerat.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru