Bos JYP Ent Sebut Hal Terpenting Bagi Grup Idol Adalah Penjualan Album, Begini Respon Fans
Musik

Penjualan digital di situs-situs seperti Melon bisa dibilang saat ini adalah ukuran popularitas grup di Korea Selatan. Namun Pendiri JYP Entertainment, Park Jin Young baru-baru ini membantah hal tersebut.

WowKeren - Penjualan digital di situs-situs seperti Melon bisa dibilang saat ini adalah ukuran popularitas grup di Korea Selatan. Streaming konstan di antara berbagai kelompok umur sulit untuk dicapai, dan bisa mencapai 100 besar saja sudah merupakan prestasi besar di antara para idola.

Pendiri JYP Entertainment, Park Jin Young baru-baru ini membantah hal tersebut. Ia mengungkapkan kesan bahwa penjualan digital bukanlah titik pemeriksaan paling penting dari popularitas grup. Dia mengatakan kepada orang banyak bahwa streaming digital lebih berbasis pada musik daripada berbasis artis.

"Streaming digital masih bisa membawa perhatian besar selama musiknya populer. Sepertinya contoh bahwa kalian masih akan mendengarkan musik yang bagus bahkan jika kalian bukan penggemar musik itu. Dengan demikian, streaming digital tidak sepenting (seperti penjualan album fisik)," ungkap Park Jin Young

Sebaliknya, Park Jin Young mengungkapkan bahwa penjualan album fisik yang tinggi berbanding lurus dengan bentuk pendapatan lainnya. Menurutnya fans sesungguhnya dapat dilihat dari total penjualan album fisik seorang idol.

"Tapi ketika menyangkut album hard copy, hanya penggemar setia sejati yang akan membelinya. Jika penjualan album bagus, itu langsung mengarah ke keuntungan konser. Itu karena ketika kalian penggemar yang cukup setia untuk membeli album, kalian pergi ke konser dan kaliam membeli barang dagangan artis kalian," lanjut Park Jin Young

Penyanyi "Who's Your Mama?" ini kemudian menyimpulkan dengan pernyataan tegas yang memperkuat keyakinannya. "Jadi untuk perusahaan seperti kami dengan grup idola, indikator keberhasilan terbaik adalah penjualan album," tutup Park Jin Young.

Hal ini tentu menuai berbagai reaksi penggemar. Dalam forum komunitas online Theqoo, banyak fans yang mengaku setuju dengan konsep JYP Entertainment tersebut. Namun tak sedikit pula yang menyatakan bahwa konsep tersebut memiliki beberapa kekurangan.


"Aku pikir sebagian besar orang akan setuju dengan ini. Ketika penjualan album bagus, grup menghasilkan banyak uang dari menjual tiket konser serta barang dagangan. Aku pikir aku melihat hal yang sama dari Bang Si Hyuk."

"Park Jin Young benar, tetapi keduanya penting."

"Bagaimanapun, industri idola adalah bidang bisnis. Popularitas tidak berarti, tetapi dalam hal keuntungan, itu lebih menguntungkan dan lebih stabil untuk memiliki penggemar inti menghabiskan uang bahkan jika grup tidak lebih populer daripada grup tanpa penggemar inti."

"Grup idola harus memiliki fandom inti agar tetap stabil untuk waktu yang lama."

"Tapi grup idola membutuhkan musik yang bagus untuk memperluas dan mempertahankan fandom mereka, jadi aku pikir musik yang bagus dan streaming digital penting."

"Tetapi jika kalian percaya itu dan tidak peduli dengan kualitas musiknya, kalian tidak akan mempertahankan penggemar intinya."

"Grup yang sukses memiliki streaming digital yang baik dan penjualan album yang baik. Keduanya saling memengaruhi dan penting. Tetapi yang mana di antara keduanya yang lebih bernilai dan berguna bagi perusahaan?"

"Dia benar. Aku hanya mendengarkan lagu saat masih fans baru, tapi sekarang aku harus membeli album, pergi ke konser, membeli lightstick, dan barang dagangan mereka."

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts