Gibran Disebut Bakal Jadi Calon Wakil Walkot Solo, Respons Menohok Disorot
Nasional

Gibran Rakabuming Raka berniat meramaikan panggung politik Tanah Air dengan maju sebagai Cawalkot Solo di Pilkada 2020 nanti. Kekinian Gibran tinggal menantikan rekomendasi dari DPP PDIP.

WowKeren - Wacana putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi Wali Kota Solo periode 2020-2025 terus disorot publik. Apalagi kekinian PDI Perjuangan, sebagai kendaraan politik Gibran, tampak "terpecah" lantaran ada pihak yang mendukung dan tidak.

Kini Gibran tinggal menantikan rekomendasi dari DPP PDIP. Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri lah yang berhak penuh dalam menentukan nasib pencalonan Gibran ke depan.

Sembari menanti itulah, muncul beragam spekulasi liar. Salah satunya soal potensi Gibran untuk mendapat rekomendasi justru sebagai calon wakil wali kota.

Spekulasi itu pun sudah sampai ke telinga Gibran dan menuai tanggapan darinya. Balasan Gibran yang kalem namun menohok pun menjadi sorotan publik.

"Saya kan mendaftarkan bukan sebagai wakil (wali kota). Saya mendaftar sebagai wali kota," kata Gibran ketika dijumpai awak media di Pujasari, kompleks Sriwedari, Solo, Jawa Tengah pada Selasa (14/1) kemarin.


Jawaban ini bak menegaskan bahwa Gibran mungkin akan menolak bila DPP PDIP merekomendasikannya menjadi Calon Wawalkot Solo. Gibran sendiri langsung mengalihkan situasi dengan membahas soal calon Solo 2 yang akan mendampinginya nanti bila ia jadi maju di Pilwalkot.

Pemilik beberapa perusahaan startup itu menegaskan akan menyerahkan sepenuhnya kepada partai soal calon walkot pendampingnya. "Kalau wakil (calon wawalkot), ya saya serahkan ke pimpinan (untuk memilihkan)," tegas Gibran, dilansir dari laman Detik News, Rabu (15/1).

Di sisi lain, kode bahwa DPP PDIP akan memberikan rekomendasi kepada Gibran memang semakin kentara. Salah satunya lewat sinyal yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto.

Politikus yang diduga terlibat dalam pusaran kasus suap DPR PAW itu menyatakan pihaknya siap memberikan ruang bagi Gibran untuk dipilih menjadi Cawalkot Solo. Namun demikian, kode itu ditepis dengan halus oleh Gibran.

Gibran memilih untuk menantikan statement resmi dari DPP PDIP alih-alih terjebak dalam spekulasi. Pasalnya hingga kini ia mengaku belum mendengar kabar apapun tentang rekomendasi. "Ya sudah kita tunggu saja statement remsinya, itu saja," pungkas Gibran.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait