Marshanda Beri Komentar Begini Soal Bipolar Bersifat Genetik dan Bisa Menurun ke Anak
Instagram/marshanda99
Selebriti

Marshanda mengatakan bahwa gangguan Bipolar bersifat genetik dan bisa saja diturunkan kepada putri kecilnya, Sienna Ameerah Kasyafani. Tapi hal itu bisa saja tak terjadi jika hal-hal ini dilakukan.

WowKeren - Marshanda memang sangat terbuka dengan gangguan Bipolar Disorder yang diidapnya sejak tahun 2009. Ia bahkan sering diundang di berbagai acara televisi untuk membahas tentang gangguan yang diidapnya tersebut. Salah satu yang terbaru, Marshanda diundang dalam acara "Hotman Paris Show" episode Rabu (5/2).

Berbagai hal seputar Bipolar dibahas oleh Marshanda. Ia menyebutkan bahwa gangguan Bipolar sifatnya genetik dan bisa menurun ke anak. Lantas apakah mantan istri Ben Kasyafani itu khawatir jika gangguan Bipolar yang diidapnya akan menurun ke putri kecilnya, Sienna Ameerah Kasyani?

"Kalau aku sih mempelajari kalau itu memang genetik, tapi ada cara untuk mencegahnya yaitu dari pola asuh," jelas Marshanda di tayangan tersebut. "Ketika dia kita asuh dengan baik, tidak pernah neriakin atau mukul atau bentak yang menimbulkan luka batin yang membekas, nah itu Insya Allah dia (Sienna) akan baik-baik aja."


Marshanda juga membicarakan soal sang ayah, Irwan Yusuf yang juga mengidap gangguan Bipolar. Irwan sendiri sekarang berada di pesantren dan menolak untuk melakukan pengobatan medis seperti yang dipilih oleh Marshanda. Kendati begitu, kondisi Irwan diakui Marshanda semakin membaik dan membuatnya lebih semangat.

Dalam kesempatan itu, Marshanda juga mengungkapkan peranan masa kecilnya dalam kehidupannya sekarang. Ia menyebutkan bahwa kedua orangtuanya secara tidak sadar sudah memberikan luka yang cukup membekas di dalam dirinya. Namun ia juga tak bisa memastikan apakah itu termasuk salah satu penyebab dirinya mengidap Bipolar atau bukan.

"Kalau sejarah keluarga sendiri ada pengaruh enggak? Kamu termasuk dari keluarga bahagia enggak pas masih kecil?" tanya Hotman Paris Hutapea selaku pemandu acara. "Papa mamaku bercerai ketika aku umur 7 tahun. Ya dengan segala kelebihan dan kekurangan mama dan papa, ada hal-hal tanpa mereka sengaja terjadi di masa lalu dan tanpa sadar itu menimbulkan luka di hati aku," jelas Marshanda.

"Itu salah satu penyebabnya Bipolar kamu, bukan?" tanya Hotman lagi. "Aku juga enggak tahu sih. Dan aku enggak pernah nanya ke dokterku apakah karena ini, karena mama dan papa, atau apa. Tapi aku sih, yang aku ambil pelajarannya sekarang adalah gimana dengan keadaan ini yang mungkin banyak orang bisa lihat ini kekurangan, mental illness gitu kan, penyakit gitu kan, tapi aku yang gimana bisa menguatkan banyak orang dengan ketidak sempurnaan yang aku punya ini," tegas Marshanda.

(wk/nur2)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait