Pemerintah Siapkan Wisma Atlet untuk Pasien Corona, Ada 1.800 Tempat Tidur
Nasional

Wisma atlet ini nantinya akan dijadikan sebagai tempat menampung pasien yang tidak bisa dirawat di RS rujukan. Pemerintah pun sudah menyediakan sebanyak 1.800 tempat tidur.

WowKeren - Pemerintah menambah jumlah tempat untuk isolasi pasien corona (Covid-19) mengingat jumlah kasus virus ini terus mengalami peningkatan. Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut jika Wisma Atlet Kemayoran bisa dijadikan sebagai opsi.

"Pemerintah juga sudah menambah sekarang ini RS, bukan hanya yang 132 tapi juga RS swasta, RS BUMN, RS TNI/Polri," kata Ma'ruf dilansir Detik, Rabu (18/3). "Bahkan Pemerintah juga sedang, sudah menyiapkan Wisma Atlet (Kemayoran) untuk mereka yang memang tidak bisa dirawat di rumah."

Wisma atlet ini nantinya akan dijadikan sebagai tempat menampung pasien yang tidak bisa dirawat di RS rujukan. Pemerintah pun sudah menyediakan sebanyak 1.800 tempat tidur. "Sebab bagi mereka yang bisa dirawat di rumah, dianjurkan perawatannya di rumah, dan kalau mereka tidak bisa maka juga selain rumah sakit yang sudah ada, juga disiapkan Wisma Atlet, yang sekarang ini, sementara ini disiapkan untuk 1.800 tempat tidur," ujar Ma'ruf.

Sementara itu terkait peralatan medis, pemerintah akan bertindak cepat untuk memastikan kelengkapan yang dibutuhkan. Jika stok dalam negeri tidak mencukupi maka akan segera mengambil langkah impor.


"Kalau memang memperbanyak produk dalam negeri dan yang tidak bisa diproduksi dalam negeri, kita sudah melakukan langkah untuk mengimpor secepatnya," jelas Ma'ruf. "Dan sekarang dalam proses pendatangan. Jadi semuanya seperti ya masker dan lain sebagainya."

Adapun alasan pemerintah memilih Wisma Atlet Kemayoran sebagai tempat isolasi pasien corona lantaran fasilitas itu hingga kini belum ada yang menempati. Selain itu, di sana juga memiliki fasilitas yang memadai. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Wisma Atlet Kemayoran masih belum digunakan sehingga dia tempat yang paling siap," kata Sri di Jakarta, Rabu (18/3). "Dari sisi fasilitas listrik, air, kami meminta BNPB menyiapkan menjadi tempat isolasi."

Sebelumnya, menteri BUMN Erick Thohir menyatakan akan menjadikan rumah sakit milik pemerintah untuk menampung pasien corona. Begitu juga dengan hotel.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru