Krisdayanti Anggota Komisi Kesehatan Piknik di Lokasi Corona, Reaksi Pakar Menohok
Instagram/krisdayantilemos
Selebriti

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Lucius Karus, memberikan kritikan kalau KD telah dinilai melanggar aturan masa reses anggota dewan. Ia juga menganggap aksi KD ini tak pantas mengingat posisinya sebagai wakil rakyat.

WowKeren - Krisdayanti diketahui merupakan anggota Komisi IX DPR RI yang mengurusi kesehatan dan ketenagakerjaan. Ironisnya, KD dianggap menyalahgunakan masa reses yang diberikan buat anggota dewan terkait wabah Corona.

Ketika memasuki masa reses, anggota dewan seharusnya bertemu dengan konstituen di dapilnya. Ketua DPR RI Puan Maharani sempat menyarankan agar anggota dewan menyampaikan hasil pekerjaannya kepada masyarakat.

Namun KD malah memilih berlibur bersama keluarga ke Swiss. Hal ini membuat sejumlah pihak melontarkan kritikan.


Salah satunya Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Lucius Karus, yang menyentil KD tak punya empati atas krisis yang terjadi saat ini. Lucius juga menilai KD telah melanggar aturan masa reses.

"Dalam kondisi negara dan bangsa tengah dilanda krisis karena pandemi Corona, tak sepantasnya anggota DPR justru mengasingkan diri untuk kepentingan kesenangan pribadi maupun keluarga. Sebagai wakil rakyat, tanggung jawab atas amanah yang diberikan rakyat untuk memperjuangkan kepentingan rakyat itu sudah menjadi sumpah yang diucapkan kepada Yang Kuasa. Mestinya ini adalah momen di mana sebagai wakil rakyat, anggota DPR memperlihatkan empatinya untuk apa yang dirasakan rakyat," kata Lucius, dalam keterangan tertulis, Kamis (19/3/2020). "Masa reses itu bukan waktu untuk berlibur. Karena itu, sulit memahami bagaimana bisa ada anggota DPR yang memanfaatkan reses justru untuk berlibur. Saya kira ini pelanggaran terhadap tujuan reses sebagaimana diamanatkan oleh UU MD3. Nah terkait liburan di masa reses saja saya kira sudah bermasalah, apalagi jika dikaitkan dengan kondisi saat ini."

Lucius juga menilai aksi KD ini seolah mengabaikan imbauan dari Jokowi sebagai Presiden. Hal ini juga membahayakan pihak lain.

"Maka dalam konteks itu, kegiatan berlibur ke luar negeri saat ini mencederai misi pencegahan Corona sebagaimana diimbau Presiden. Kita bisa membahayakan orang lain di luar negeri dan juga di dalam negeri setelah nanti kembali," katanya. "Dan yang jelas posisi sebagai anggota DPR sekaligus pesohor membuat aksi KD yang berlibur di luar negeri terlihat jauh dari apa yang diharapkan dari seorang public figure dan anggota DPR tentang bagaimana menjadi teladan bagi publik."

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru