Animasi 3D AR Ala Google, Alternatif Teman Baru #DirumahAja Akibat Wabah Corona
SerbaSerbi

Kebijakan #DirumahAja demi mengatasi wabah virus Corona memang menghalangi ruang gerak anak, namun alternatif menyenangkan dengan Google AR berikut ini bisa dicoba.

WowKeren - Kebijakan work from home dan #DirumahAja demi meminimalisir kontak antarindividu tak hanya dilakukan di Indonesia. Sebagai contoh, Inggris pun mengampanyekan gerakan #StayHomeSaveLives, tagar yang belakangan makin gencar disuarakan pasca Perdana Menteri Boris Johnson dinyatakan positif terjangkit COVID-19.

Kebijakan ini ditempuh lantaran wabah virus Corona tak menunjukkan tanda-tanda melemah. Bahkan wabah ini seolah makin ganas, dengan di Indonesia sendiri sudah menginfeksi lebih dari seribu orang meski baru berselang 25 hari sejak kasus pertama diumumkan.

Kebijakan ini pun tak pandang bulu. Semua warga, tak peduli usia, jenis kelamin, pekerjaan, maupun status sosial, diharapkan untuk berdiam diri di rumah. Tentu situasi ini menjadi momok tersendiri bagi anak-anak yang terbiasa bermain aktif di luar rumah dan bercengkerama dengan kawan sebayanya.

Lantas bagaimana mengatasinya? Tak perlu khawatir, Google ternyata sudah mengantisipasi hal tersebut, bahkan jauh sebelum wabah Corona merebak.

Google dengan teknologi augmented reality (AR) atau animasi yang tampak nyata pun menghadirkan sosok hewan dari internet ke kehidupan nyata. Penasaran bagaimana caranya?


Dilansir dari Edinburgh News Evening, pengguna hanya perlu mencari hewan tertentu di Google. Sebagai contoh "Octopus" alias gurita.

Tentu nanti akan terlampir hasil pencarian gambar gurita dari berbagai sumber, serta deskripsi singkat dari Wikipedia. Di bawah itulah akan ditemukan kotak kecil dengan tulisan "Meet a life-sized octopus up close" alias "Yuk temui gurita seukuran asli dari dekat".

Animasi 3D AR Ala Google, Alternatif Teman Baru #DirumahAja Akibat Wabah Corona

Google AR

Pengguna hanya perlu menekan tombol "View in 3D", dilanjut dengan "View in Your Space". Hewan yang kita ketikkan di Google pun akan "berpindah" dari layar ponsel ke sekeliling, sesuai ke arah mana kamera diarahkan. Tentu sebelumnya Google harus memiliki izin mengakses kamera di ponsel pengguna.

Ada banyak jenis hewan yang bisa diakses dengan aplikasi ini. Mulai dari sesama hewan laut seperti ikan angler, sampai hewan "raksasa" seperti panda, aligator, dan penguin kaisar.

Untuk bisa mengaksesnya, pengguna hanya perlu memastikan ponselnya memadai. Untuk pengguna Android, Google AR membutuhkan Android 7.0 ke atas dan koneksi internet. Sedangkan untuk pengguna iPhone, diperlukan iOS 11.0 ke atas.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru