Kadang Luput Dari Perhatian, Berikut 7 Tips Untuk Jaga Kebersihan Make Up Agar Tetap Higienis
Lifestyle

Baik untuk penampilan atau penunjang pekerjaan, make up sering digunakan oleh banyak orang. Perawatan make up pun tak boleh sembarangan, karena benda satu ini berinteraksi secara langsung dengan kulit.

WowKeren - Make up saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi sebagian orang. Baik untuk penampilan atau penunjang pekerjaan, make up sering digunakan baik oleh wanita maupun laki-laki. Perawatan make up pun tak boleh sembarangan, karena benda satu ini berinteraksi secara langsung dengan kulit.

Selain mengikuti tren dan menyesuaikan gaya make up dengan karakter dan kulit, membersihkan produk kosmetik adalah hal yang wajib dilakukan secara rutin. Hal ini idealnya diterapkan setiap minggu, khususnya jika kamu baru saja pulang berlibur atau sakit.

Membiarkan orang lain menggunakan koleksi kosmetik milik kalian juga berisiko menularkan kotoran dan bakteri. Nah bagaimana caranya untuk menjaga kebersihan make up? Berikut tim WowKeren rangkum 7 tipsnya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Cuci Tangan Sebelum Menggunakan Make Up


Cuci Tangan Sebelum Menggunakan Make Up

Tangan merupakan salah satu organ tubuh yang sering membawa kuman maupun bakteri. Itu sebabnya, kalian perlu menjaga kebersihannya dengan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh produk make up yang akan dipakai.

Biasakan cuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir sebelum ber-make up dan mengaplikasikan produk perawatan wajah kalian. Pastikan tangan sudah benar-benar bersih, termasuk bagian bawah kuku dan sela-sela jari. Selain itu Jangan lupa untuk juga mencuci tangan setelah mengaplikasikan make up.

2. Usahakan Tidak Menyentuh Produk Langsung Dengan Jari


Usahakan Tidak Menyentuh Produk Langsung Dengan Jari

Meski sudah mencuci tangan dengan bersih, namun belum tentu tangan kalian bebas dari kuman. Karena itu untuk antisipasinya, usahakan untuk tidak menyentuh produk make up dengan jari secara langsung. Jangan memasukkan jari ke dalam make up yang memiliki kemasan jar atau tube.

Sebaliknya, gunakan aplikator khusus seperti kuas atau sponge untuk mengaplikasikan make up kesayangan kalian. Namun jangan lupa untuk membersihkan secara rutin aplikator tersebut dengan menggunakan alkohol.

3. Perhatikan Tanggal Kadaluwarsa


Perhatikan Tanggal Kadaluwarsa

Sering diabaikan, namun produk make up tentu tidak akan bertahan selamanya. Setiap jenis produk make up mempunyai masa pakai masing-masing. Misalnya, seperti maskara yang hanya bertahan selama 2-3 bulan, foundation dan concealer 6-12 bulan, lipstik maksimal 2 tahun, lip gloss 1 tahun, dan produk bubuk yang akan memasuki usia kedaluwarsa ketika sudah 2 tahun. Untuk itu terus pantau masa kadaluwarsa produk make up kalian ya.

4. Cek Kebersihan Bagian Dalam Make Up Secara Berkala


Cek Kebersihan Bagian Dalam Make Up Secara Berkala

Rutinlah untuk memperhatikan kebersihan make up kalian. Bersihkan lipstik dengan cara menyapu bagian permukaan yang sering menempel di bibir dengan face cleansing wipe. Usahakan jangan yang mengandung alkohol agar tidak merusak formula si lipstik.

Untuk primer, foundation atau concealer, ketiga produk tersebut biasanya dikemas dengan botol pump, tube, atau jar. Untuk kemasan pump atau tube, bersihkan bagian ujung botol tempat produk keluar beserta badan botolnya. Untuk jar, bersihkan bagian pinggiran beserta permukaan dalam tutupnya. Pakai alkohol dan gunakan tisu, kapas, atau cutton bud untuk mengelapnya sampai ke bagian terkecil.

Sementara untuk bedah, blush on atau eyeshadow, pakai face cleansing wipe untuk menyapu permukaannya jika dirasa sudah kotor. Diamkan sampai kering sebelum kalian memakainya lagi. Atau, gunakan hair dryer dengan angin sedang untuk mengeringkan lebih cepat.

5. Simpan Make Up Dalam Suhu Ruangan


Simpan Make Up Dalam Suhu Ruangan

Penting untuk menyimpan kosmetik pada suhu ruangan yang pas dan tidak lembap, guna menghindari pertumbuhan bakteri. Suhu kamar adalah yang terbaik, karena bakteri cenderung tumbuh dalam suhu yang lebih hangat.

Yang terpenting ruangan tersebut mempunyai suhu normal dan sirkulasi udara yang baik. Jauhkan produk dari jendela karena bisa terpapar sinar matahari yang masuk. Hal ini untuk menghindari lipstik yang bisa cepat meleleh saat terkena panas dan kualitas produk yang berubah.

6. Rajin Bersihkan Make Up Tools


Rajin Bersihkan Make Up Tools

Bersihkan seluruh peralatan make up kalian setelah selesai menggunakan makeup spatula, palet atau piring kecil, bersihkanlah dengan sabun dan air panas setiap kali selesai menggunakannya. Cairan pencuci brush atau beauty blender adalah cara terbaik untuk menyingkirkan bakteri dan sisa make up di brush dan peralatan make up lainnya.

Bersihkan sponge makeup, brush, dan penjepit bulu mata menggunakan sabun pembersih khusus seperti sampo ataupun sabun bayi. Kalian dapat melakukannya sebanyak 1-2 minggu sekali, atau disesuaikan dengan intensitas penggunaan make up.

7. Bersihkan Tempat Make Up Yang Digunakan Secara Teratur


Bersihkan Tempat Make Up Yang Digunakan Secara Teratur

Meski bentuknya tidak terlalu besar, tapi cosmetic pouch bisa menampung lipstik, bedak, blush on, hingga eyeshadow yang bisa dibawa kemana-mana dalam satu wadah. Oleh karena itu, pasti kalian akan risih jika makeup pouch terlihat kotor dan ada noda di mana-mana.

Selain itu, tempat make up ini dapat menjadi rumah bagi kuman dan juga bakteri. Untuk itu membersihkan pouch make up ini juga enggak kalah penting dengan membersihkan make up yang kalian punya.

Selain itu, intip juga yuk tips agar membuat make up kalian tahan lama dalam artikel berikut. Simak juga tips mudah yang bisa kalian ikuti jika ingin ber make up halal di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru