Tren  Seleb Berjemur, Reisa Broto Asmoro Beri Klarifikasi Tak Bisa Tangkal Covid-19
Instagram/reisabrotoasmoro
Selebriti
Seleb vs Corona

Reisa Broto Asmoro buka suara soal fenomena berjemur yang lagi tren di Tanah Air. Reisa pun memberi klarifikasi bahwa berjemur di pagi hari tak bisa membunuh virus Corona.

WowKeren - Banyak selebriti Tanah Air yang memajang foto sedang berjemur di pagi hari selama masa karantina diri di rumah masing-masing. Hal ini memunculkan pendapat bahwa berjemur dapat mencegah penularan virus Corona. Tidak ingin timbul pemahaman yang salah kaprah, dokter Reisa Broto Asmoro pun mencoba memberi klarifikasi beserta penjelasannya.

"Banyak sekali perdebatan mengenai berjemur belakangan ini. Hampir setiap dokter dan peneliti memiliki dasar teori yang berbeda-beda. Ada yang merekomendasikan di antara jam 10 sampai 1 siang... Ada lagi yang mengatakan tetap sebaiknya dihindari jam tersebut, jadi usahakan pagi hari saat belum terlalu panas yakni jam 8-10 pagi," bunyi tulisan yang di posting dokter Reisa pada Rabu (1/4).

Dokter Reisa kemudian menyarankan untuk berjemur sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Tapi pembawa acara program "Dr. Oz Indonesia" itu menegaskan bahwa berjemur tidak bisa menangkal virus Corona. "Yang paling utama adalah faktor kebutuhan, buat apa? siapa di sini yang mau berjemur untuk mengusir virus Corona? jawabanya tidak bisa ya," lanjut Reisa.


Reisa menjelaskan bahwa tujuan utama berjemur adalah untuk mendapatkan asupan vitamin D dari sinar UV matahari, bukan untuk membunuh virus. Reisa pun membagikan tips agar berjemur menjadi efektif sehingga mampu membantu mencukupi kebutuhan vitamin D tubuh.

"Faktor yang mempengaruhi kecukupan vitamin D: Lokasi (garis lintang & ketinggian), waktu (jam), musim/ cuaca, polusi udara. FYI vitamin D memang sangat penting karena dibutuhkan untuk: membantu penyerapan kalium dan fosfor. membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi. menjaga kesehatan otot. Memperbaiki suasana hati dan mencegah depresi. Memelihara kesehatan jantung. Membuat sistem kekebalan tubuh bekerja dengan normal," pungkas Reisa.

Setelah melihat penjelasan dari dokter Reisa, banyak selebriti yang mengaku mendapat pencerahan. Mereka pun meninggalkan komentar dan mengucapkan terima kasih atas penjelasannya.

"Ampe pusing dok urusan berjemur ga abis2 tiap hari ada info baru," tulis Tasya Farasya. " izin share ya kaka cantik.. dr kemarin berita simpang siur ttg berjemur ini.. sehat selalu kak, salam utk keluarga," imbuh Bunga Jelitha Ibrani. "Sehat2 kamu dan semua keluargamu ya," pungkas Aming.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts