Ketupat
Kuliner

Bagi Anda yang masih bingung ingin masak apa saat lebaran nanti, sebaiknya simak artikel ini. Sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa makanan khas lebaran yang memiliki citarasa lezat dan nikmat.

WowKeren - Makanan khas lebaran pertama yang banyak dicari saat lebaran adalah ketupat. Ketupat atau kupat merupakan makanan yang terbuat dari beras yang dibungkus di dalam anyaman kelapa muda (janur). Tak hanya ada pada saat hari H, ketupat biasanya masih ada sampai lima hari setelah lebaran.

Ketupat memiliki banyak makna simbolik. Anyaman kulitnya yang rumit dan saling timpang tindih mencerminkan perjalanan hidup yang sering diwarnai dengan kesulitan dan masalah. Sedangkan tali anyamannya yang tidak terputus menggambarkan pentingnya menyambung tali silaturrahmi.

Dalam bahasa Jawa, ketupat atau kupat merupakan singkatan dari Ngaku Lepat yang berarti mengakui kesalahan. Konon istilah ini digunakan oleh Sunan Kalijaga untuk mensyiarkan ajaran Islam di Pulau Jawa yang pada saat itu masih banyak masyarakat meyakini kesakralan ketupat. Akhirnya, ketupat menjadi makanan yang selalu ada saat masyarakat saling meminta maaf dan mengakui kesalahan ketika lebaran tiba.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel