Presiden Jokowi Posting Karikatur Sedang Salat, Ramai Diprotes Salah Kiblat
Instagram
Nasional

Presiden Jokowi mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan menjelang Hari Raya Idul Fitri, terlebih soal ibadah salat Id. Unggahan Jokowi berikut ini malah membuat netizen salah fokus.

WowKeren - Cuitan pribadi Presiden Joko Widodo alias Jokowi pada Selasa (19/5) mendadak jadi perbincangan warga Twitter. Dalam unggahannya, Jokowi membagikan postingan karikatur seorang laki-laki sedang salat.

Bersama dengan postingan tersebut, Jokowi mengingatkan kunci keberhasilan menghadapi pandemi Corona (COVID-19) adalah kedisiplinan masing-masing individu. Bukan hanya itu, Jokowi juga meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Kunci keberhasilan pengendalian penyebaran Covid-19 adalah kedisiplinan kita. Disiplin untuk mencuci tangan, menjaga jarak, mengenakan masker, dan menghindari keramaian," bunyi cuitan Jokowi. "Inilah yang tetap harus kita taati, terutama menjelang Idulfitri dan nanti pada saat Idulfitri."


Jokowi

Twitter

Warga Twitter rupanya salah fokus menyoroti letak kiblat yang terlihat di karikatur tersebut. Tak sedikit netizen menyebut arah kiblatnya salah.

"Mendingan gambar orang salat ini diganti saja min. Digambar ini seperti ada orang lagi salat ashar tapi sepertinya arah salatnya tidak tepat menghadap kiblat ini," tulis akun @ndre***. "Maaf pak, itu sholatnya spt gak menghadap ke kiblat ya? Dr foto tsb arah sinar matahari masuk dr jendela. Artinya arah Kiblat seharusnya kearah datangnya sinar matahari tsb," sahut akun @bam***. "Arah Ka'bah itu di Indonesia ke Barat searah dengan arah pantulan bayangan sinar dari jendela. Buka ke arah selatan," imbuh akun @abdi***.

Sementara itu dalam rapat kabinet pada Selasa (19/5) kemarin, Jokowi melarang tegas pelaksaan salat Idul Fitri berjemaah karena dikhawatirkan kerumunan dapat membuat angka kasus Corona makin melonjak. Di samping itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerbitkan fatwa terkait pelaksanaan salat Id saat pandemi. Dari fatwa yang dirilis, MUI menegaskan bahwa salat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah saja.

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel