Biaya Mahal Hingga Rating Jeblok, Ini Alasan Girl Grup Selalu Tampil di Program Musik TV
TV

Mengapa idol datang ke program musik? Biayanya sangat mahal dan mereka memiliki rating penonton yang sangat rendah dibandingkan dengan variety show yang sangat populer.

WowKeren - Penulis Yoo Sung Won membeberkan sisi bisnis dalam dunia K-Pop lewat bukunya yang bertajuk "Girl Group Economics". Dalam bukunya, ia mengungkap alasan girl grup tetap muncul di program musik meskipun ratingnya jeblok.

Pertama, Yoo Sung Won menguraikan betapa mahalnya bagi girl grup untuk tampil di program musik. Banyak penggemar berpikir bahwa girl grup yang lebih besar dikompensasi untuk muncul di program musik namun itu tidak terjadi.

"Mereka mengatakan biayanya bisa mencapai 10 ribu dollar US (sekitar Rp 147,5 juta) per episode untuk satu kali siaran. Biaya makanan, kostum panggung, produksi, biaya stylist, mobil, gas dan banyak biaya lainnya," tulis Yoo Sung Won.

"Kostum panggung harus unik karena jaringan tidak ingin idol mengenakan pakaian yang sama di acara lain. Kompensasi (yang diberi program musik) hanya 200-300 dollar US (Rp 2,9 juta) yang hampir tidak mencakup transportasi," sambung Yoo Sung Won.

Jadi para idol hampir tidak mendapatkan kompensasi jika datang ke program musik dan biaya yang dikeluarkan mahal. Uang bukan masalah meskipun menurut Yoo Sung Won, masalahnya adalah peringkat penonton yang rendah dari program musik ini.


Keraguan untuk tampil di program musik mingguan ini adalah rating penonton. "Music Bank" KBS rating rata-ratanya hanya kurang dari 1 persen yang merupakan penurunan besar sejak penayangan awal yang pernah meraih rating antara 20-30 persen.

Jadi mengapa idol datang ke program-program musik ini? Biayanya sangat mahal dan mereka memiliki rating penonton yang sangat rendah dibandingkan dengan variety show yang sangat populer.

"Ini adalah efek kupu-kupu. Program musik menciptakan efek kupu-kupu bagi mereka yang tampil. Jika grup muncul di program musik, biaya penampilan mereka meningkat tiga atau empat kali. Girl grup yang mendapat 2 ribu dollar US untuk tampil di program musik bisa menghasilkan 10 ribu dollar US untuk sebuah acara setelah tampil di acara musik," ungkap Yoo Sung Won.

"Mencapai nomor satu di sebuah acara musik memiliki dampak yang sangat besar. Tidak peduli berapa kali mereka muncul di variety show, jika mereka tidak pergi ke acara musik mereka tidak bertahan. Setelah memenangkan program musik, biaya acara untuk grup dapat meningkat hingga sepuluh kali lipat," pungkas Yoo Sung Won.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru