Bikin Kulit Kering Hingga Iritasi, Ini 7 Efek Buruk Penggunaan Scrub Wajah Secara Berlebihan
Lifestyle

Penggunaan scrub yang berlebihan dalam jangka waktu panjang juga bisa menimbulkan efek buruh. Alih-alih kulit mulus dan cerah, berbagai masalah kulit malah semakin datang menyerang.

WowKeren - Scrub wajah merupakan salah satu rangkaian dalam perawatan wajah. Scrub wajah penting dilakukan agar sel kulit mati tidak menumpuk dan menyebabkan kulit jadi kusam. Tak hanya itu, sel kulit mati yang menumpuk juga bisa memicu masalah kulit lainnya seperti kulit kering dan jerawat.

Namun, perlu diingat bahwa face scrub tidak bisa digunakan sering-sering karena bisa menyebabkan iritasi dan menipisnya lapisan kulit. Face scrub minimal bisa digunakan 2 kali dalam seminggu.

Penggunaan scrub yang berlebihan dalam jangka waktu panjang juga bisa menimbulkan efek buruh. Alih-alih kulit mulus dan cerah, berbagai masalah kulit malah semakin datang menyerang. Apa saja efek buruk penggunaan scrub? berikut tim WowKeren rangkum 7 dampaknya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Menyebabkan Kulit Jadi Sensitif


Menyebabkan Kulit Jadi Sensitif

Gerakan menggosok dan scrub berulang-ulang bakalan bikin permukaan kulit terkikis dan menjadikan kulit makin sensitif. Oleh karena itu, kalian disarankan untuk berhenti menggunakan scrub berbahan kimia jika memiliki kulit sensitif.

Selain itu, jika kalian punya kulit yang gampang kemerahan, terasa gatal terus, hingga perasaan terbakar jangan diteruskan menggunakan scrub. Hal ini bisa jadi salah satu masalah karena terlalu sering scrub wajah. Untuk kalian yang kulitnya sudah sensitif, 1-2 kali scrub selama 1 minggu saja sudah cukup ya.

2. Memunculkan Makin Banyak Jerawat


Memunculkan Makin Banyak Jerawat

Scrub wajah tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran yang tersumbat ke pori-pori yang menyebabkan jerawat. Namun sebaliknya, terlalu sering scrub wajah malah akan membuat pelindung kulit rusak.

Jika sudah begini, segala kotoran dan bakteri lebih gampang menyumbat pori-pori. Inilah yang menciptakan jerawat tak kunjung sembuh atau bahkan malah makin parah. Untuk itu, jangan teruskan scrub jika kalian merasa jerawat makin subur tumbuh ya.

3. Lapisan Kulit Menjadi Tipis


Lapisan Kulit Menjadi Tipis

Pada dasarnya fungsi scrub adalah membuang sel kulit mati agar wajah menjadi segar dan cerah kembali. Pengelupasan akan membantu meregenerasi kulit wajah. Tapi terlalu sering terkelupas, lapisan kulit wajah malah semakin tipis.

Hal inilah yang nantinya dapat memicu masalah pada kulit. Wajah jadi rentan terkena infeksi atau iritasi. Untuk mengurangi risiko penipisan kulit ini, kalian wajib menggabungkan penggunaan lotion setelah scrubbing wajah ya.

4. Kulit Makin Kering


Kulit Makin Kering

Jika terlalu sering melakukan scrub, dapat memicu terjadinya kulit kering. Untuk itu, perawatan scrubbing tidak dianjurkan dilakukan setiap hari. Lebih baik, scrubbing digunakan seminggu dua kali saja. Jika kulit pada wajah Anda terkelupas, kemungkinan kulit Anda akan kehilangan minyak alami.

Itu artinya, kulit kehilangan kekuatan untuk menjaga kelembapan di wajah, menjadikan kulit selalu kering hingga mengelupas. Hal ini juga dapat mempercepat timbulnya kerut pada wajah dan penuaan dini loh.

5. Timbulkan Sensasi Terbakar Dan Kemerahan


Timbulkan Sensasi Terbakar Dan Kemerahan

Ketika lapisan pada kulit semakin tipis, kulit akn cenderung mengalami kemerahan di bagian tertentu. Rasanya seperti habis terbakar. Jika hal ini terjadi, sebaiknya hentikan penggunaan scrub untuk sementara waktu sampai kondisi kulitmu benar-benar pulih seperti semula.

Perlu diperhatikan bahwa apapun produknya, sebaiknya gunakan dalam porsi yang tepat. Jangan berlebihan dan jangan pula kekurangan, melainkan pas agar efeknya semakin terasa di kulit wajah.

6. Bisa Bikin Iritasi


Bisa Bikin Iritasi

Melakukan scrubbing dianjurkan tidak dilakukan terlalu sering. Hal ini yang menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit dan dapat memperburuk kondisi wajah. Iritasi disebabkan banyak hal.

Hal tersebut bisa karena banyaknya paparan bahan kimia dapa lapisan kulit yang tipis atau bahkan mudahnya kotoran masuk pada kulit. Untuk jangan berlebihan dalam menggunakan scrub wajah ya.

7. Wajah Bakal Produksi Minyak Berlebih


Wajah Bakal Produksi Minyak Berlebih

Tak hanya membuat wajah jadi kering, untuk yang punya kulit berminyak, keseringan scrub malah bikin kulit tambah berminyak. Ini bisa terjadi karena kulit mengira kalian kehilangan perlindungan, sehingga akhirnya kulit memproduksi banyak minyak biar kulit lebih terlindungi.

Jika sudah berminyak, masalah kulit lain akan semakin datang. Seperti yang diketahui minyak bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Hal ini makin memicu munculnya jerawat atau bahkan komedo.

Kalian juga bisa mengintip beberapa jenis perawatan wajah yang harus dihindari untuk kulit berminyak di sini. Simak juga beberapa rekomendasi hydrating toner yang cocok untuk kulit kering di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru