Donasi Big Hit untuk BLM Dibandingkan dengan Sumbangan COVID-19 SM dan JYP
Selebriti

Netizen membandingkan donasi Big Hit untuk mendukung gerakan anti rasisme Black Lives Matter di Amerika Serikat dengan sumbangan JYP dan SM untuk pencegahan COVID-19 di Korea Selatan.

WowKeren - Netizen dari komunitas online populer baru-baru ini berdebat tentang sumbangan yang dibuat oleh beberapa agensi terbesar. Mereka membandingkan donasi Big Hit Entertainment untuk mendukung gerakan anti rasisme Black Lives Matter (BLM) di Amerika Serikat dengan sumbangan JYP Entertainment dan SM Entertainment untuk pencegahan COVID-19 di Korea Selatan.

Seperti diketahui, BTS (Bangtan Boys) menunjukkan dukungan mereka untuk gerakan Black Lives Matter awal pekan ini melalui cuitan Twitter. Bersama dukungan tersebut, BTS dan agensi mereka Big Hit Entertainment juga memberikan sumbangan USD 1 juta (sekitar 1,2 miliar won atau Rp 14 miliar).


SM Entertainment dan JYP Entertainment keduanya membuat sumbangan sekitar USD 416.000 atau sekitar Rp 5,8 miliar dalam upaya untuk melawan COVID-19. Beberapa netizen menyebut Big Hit Entertainment hanya tertarik untuk memberikan donasi untuk tujuan yang hanya menyangkut Amerika Serikat.

Donasi Big Hit untuk BLM Dibandingkan dengan Sumbangan COVID-19 SM dan JYP

Source: Nate

"SM, JYP = Sumbangan untuk Korea Selatan. Big Hit = Sumbangan untuk orang-orang kulit hitam di Amerika Serikat. Mereka kurang memperhatikan Hari Peringatan, hari yang menghormati orang-orang yang tewas membela negara kita dari invasi Korea Utara, tapi menyumbangkan jumlah yang cukup besar untuk mengingat kematian George Floyd dari Amerika Serikat yang memiliki catatan kriminal?" tulis netizen.

"Karena aksi protes orang kulit hitam, ratusan orang Korea di sana menderita. Apakah mereka membakar api? Jika mereka ingin memberikan sumbangan, mereka seharusnya menyumbang ke kota Pecinan di sana. Maka aku akan bertepuk tangan untuk mereka. Mereka melihat hanya yang memiliki otoritas dan pengaruh," tambah netizen lain.

Namun beberapa netizen membela Big Hit Entertainment dengan alasan BTS telah menyumbang begitu banyak untuk Korea Selatan. Mereka juga pasti menyumbang untuk melawan COVID-19 tapi tidak dibuka ke publik mengingat sumbangan untuk BLM awalnya akan dirahasiakan.

"Jadi. Apakah kalian yang mecela Big Hit sudah memberi sumbangan?" sindir netizen. "Kalian membuatnya seolah-olah Big Hit dan BTS tidak pernah memberikan sumbangan kepada Korea Selatan. Apakah kalian pernah berhenti dan berpikir bahwa membuat masalah tentang sumbangan adalah hal yang rendah untuk dilakukan?" tambah netizen.

"Aku yakin ada banyak sumbangan yang diberikan ke Korea Selatan yang tidak kita ketahui," tulis netizen. "Apakah memberikan uangmu kepada BTS? Apakah sumbangan harus dilakukan sesuai dengan yang kau inginkan?" sahut yang lain. "Pasti sulit menjadi idol. Mereka melakukan sesuatu yang buruk, mereka dibenci karenanya. Mereka melakukan sesuatu yang baik, mereka dibenci karenanya," pungkas lainnya.

Beberapa kritik yang diarahkan pada BTS dan Big Hit Entertainment didasarkan pada pendapat bahwa mereka lebih peduli pada penggemar Amerika daripada domestik. Untungnya, banyak netizen menyadari bahwa BTS telah membuat banyak sumbangan murah hati ke Korea Selatan dan bahwa mereka fokus pada Black Lives Matter karena saat ini merupakan masalah mendesak yang membutuhkan bantuan.

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts