Surabaya 'Baru Berani' Buka Alamat Pasien Corona Sekarang, Ternyata Ini Alasannya
Instagram/jatimpemprov
Nasional

Pemkot Surabaya mulai awal pekan kemarin membuka data alamat pasien positif Corona yang bisa diakses bebas oleh masyarakat. Belakangan terungkap alasan Pemkot baru membukanya sekarang.

WowKeren - Pemerintah terus meningkatkan upaya untuk memerangi wabah virus Corona. Termasuk yang ditempuh Pemerintah Kota Surabaya belum lama ini, yakni membuka data alamat pasien COVID-19.

Dikutip dari Kompas, Pemkot Surabaya akhirnya membuka data perihal pasien positif Corona hingga ke level alamat rumah mereka. Untuk mengaksesnya, masyarakat bisa membukanya di laman lawancovid-19.surabaya.go.id.

Terkait dengan pembukaan data alamat ini, pihak Pemkot Surabaya mengaku berpatokan pada kondisi psikologis masyarakat. Saat ini, imbuh Pemkot Surabaya, masyarakat sudah lebih tenang dan bisa menyikapi data pasien COVID-19 dengan baik.

"Beda dengan dulu di awal-awal ada kasus," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, M Fikser, dilansir dari Kompas. "Kalau dulu kita buka warga bisa semua panik dan tentu psikologisnya akan terganggu sehingga bisa menurunkan imun juga."

Untuk mengakses layanan ini, masyarakat bisa membukanya dari laman lawancovid-19.surabaya.go.id. Bila digulirkan ke bawah, masyarakat akan menemukan tampilan peta Surabaya yang dilengkapi dengan 3 warna utama, yakni merah, hijau neon, dan hijau gelap.


Surabaya \'Baru Berani\' Buka Alamat Pasien Corona Sekarang, Ternyata Ini Alasannya-1

lawancovid-19.surabaya.go.id

Warna merah menunjukkan alamat pasien yang sudah dikonfirmasi positif Corona, sedangkan warna hijau gelap menunjukkan alamat tempat pasien terkonfirmasi Corona yang sudah sembuh atau meninggal dunia. Biasanya wilayah berwarna merah atau hijau gelap akan dikelilingi hijau neon, pertanda keberadaan Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo.

Surabaya \'Baru Berani\' Buka Alamat Pasien Corona Sekarang, Ternyata Ini Alasannya-2

lawancovid-19.surabaya.go.id

Bila digulirkan kembali, di bawahnya akan kembali ditemukan tabel yang menunjukkan daftar jalan di Surabaya. Ada keterangan perihal status pasien di lokasi tersebut, lengkap dengan jumlahnya dan bisa dibuka opsi lihat. Maksud opsi ini adalah untuk melihat lokasi jalannya di peta sebaran.

Surabaya \'Baru Berani\' Buka Alamat Pasien Corona Sekarang, Ternyata Ini Alasannya-3

lawancovid-19.surabaya.go.id

Tak hanya itu, ada pula warna biru yang menunjukkan bahwa wilayah itu sudah dilakukan tes swab. Pembukaan alamat ini pun merupakan kelanjutan dari pembentukan Kampung Tangguh Semeru Wani Jogo Suroboyo.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel