Viral Seorang Pria Berat Badannya Naik Hingga 279 Kilogram Usai 5 Bulan Lockdown di Wuhan
SerbaSerbi
Pandemi Virus Corona

Seorang pria asal Wuhan mengalami kenaikan berat badan drastis selama berada di rumah saat sistem lockdown diterapkan. Pria tersebut pun tampak kesulitan bergerak dan membutuhkan bantuan.

WowKeren - Baru-baru ini, pria bernama Zhou dinobatkan sebagai orang paling gemuk di Wuhan, Tiongkok. Pasalnya berat badan Zhou naik drastis hingga mencapai 279 kilogram dalam kurun waktu 5 bulan, saat Wuhan menerapkan sistem lockdown.

Sebelum pandemi virus corona atau COVID-19 muncul di Wuhan, Zhou sebenarnya diketahui melakukan banyak kegiatan. Pria berusia 26 tahun tersebut bekerja di sebuah kafe lokal dan menjalani gaya hidup yang relatif normal untuk menjaga berat badannya.

Akan tetapi, Zhou memang menghabiskan waktunya untuk berada di rumah selama masa lockdown untuk menekan angka penularan COVID-19. Hal ini menyebabkan Zhou melakukan kegiatannya di dalam ruangan dan tak mampu membakar banyak kalori selama masa lockdown.

Zhou pun meminta bantuan media dan sudah dirawat di Rumah Sakit Pusat Selatan Universitas Wuhan sejak 1 Juni lalu. Menurut Zhou, ia tidak meninggalkan rumah sejak Januari 2020 serta merasa kesulitan tidur karena bobot tubuhnya yang naik drastis. Tim medis pun kesulitan saat mengeluarkan Zhou dari rumah dan memasukkannya ke dalam ambulan.


"Dokter, saya belum menutup mata selama 48 jam," ucap Zhou saat menghubungi Dr Li Zhen, wakil direktur Pusat Bedah Obesitas dan Metabolik di Rumah Sakit Pusat Selatan di Universitas Wuhan. "Sangat tidak nyaman. Bisakah kamu membantuku?"

Ketika menjalani pemeriksaan, Zhou diketahui mengalami gejala gagal jantung hingga disfungsi pernapasan. Dokter pun memberikan perawatan intensif dan berusaha menurunkan berat badan Zhou setidaknya 22 kilogram. Pasalnya dokter kesulitan melakukan pemeriksaan lain terhadap Zhou, seperti tekanan darah dan EEG.

"Saya hanya bisa berharap bahwa dengan menyesuaikan pola makan dan istirahat dan metode lain, (berat badan) dapat berkurang hingga lebih dari 22 kilogram dalam tiga bulan," jelas Dr Li Zhen. "Sehingga risiko operasi bisa sangat berkurang"

Video Zhou yang beredar di media sosial pun menjadi viral dan diperbincangkan netizen. Kejadian yang dialami Zhou pun membuat netizen semakin sadar untuk tetap menjaga kesehatan dan mengatur pola makan di tengah pandemi COVID-19.

(wk/evaa)

You can share this post!

Related Posts