Jokowi Minta TNI Dilibatkan untuk Tangani RS Darurat COVID-19 di Surabaya
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Selain Jawa Timur, dua provinsi lain yang juga mendapat perhatian khusus dari presiden terkait laju penyebaran yang cukup tinggi adalah Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan

WowKeren - Jawa Timur telah menjadi provinsi yang menyumbang kasus COVID-19 terbanyak setelah Jakarta. Hingga Senin (22/6), Jatim mencatat 9.857 kasus COVID-19. Tak heran jika provinsi ini masih menjadi sorotan.

Presiden Joko Widodo menginginkan agar Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) TNI dilibatkan menangani persebaran virus corona di Jawa Timur. Hal ini sebagaimana dikemukakan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

"Beberapa arahan tadi akan segera ditindaklanjuti, termasuk penambahan fasilitas yang diperlukan," kata Muhadjir di Jakarta, Senin (22/6). "Misalnya untuk rumah sakit darurat di Surabaya itu, beliau memerintahkan supaya ditangani Pangkogabwilhan II (sebelumnya menyebut Pangkogabwilhan I)."

Adapun langkah ini seperti dengan yang sebelumnya dilakukan pada penanganan corona di Jakarta. Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta diketahui berada di bawah tanggung jawab Pangkogabwilhan I bersama Sumatera, Banten, Jawa Barat, Kalbar, dan Kalteng.


"Sebagaimana di Wisma Atlet ditangani Pangkogabwilhan I," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. "Kemudian di Pulau Batam juga ditangani Pangkogabwilhan I, kita tahu dulu sewaktu evakuasi ABK dan WNI dari Wuhan kita juga libatkan TNI terutama Pangkogabwilhan I."

Selain Jawa Timur, dua provinsi lain yang juga mencatat laju penyebaran yang cukup tinggi adalah Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan. Ia menyebut jika ketiga wilayah tersebut mendapat perhatian khusus dari Jokowi. "Beliau memberi arahan bagaimana betul-betul supaya segera diatasi terutama Jawa Timur," ucap Muhadjir.

Sebelumnya, pada Mei lalu, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo juga meminta pelibatan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II untuk menangani persebaran virus corona di provinsi ini. Menurutnya, pelibatan unsur TNI mampu membuat masyarakat lebih patuh untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Jatim yang meningkat signifikan, kita laporkan kepada Pak Presiden perlu unsur Pangkogabwilhan untuk membantu pemprov, kabupaten, kota," kata Doni dalam jumpa pers melalui siaran langsung akun Instagram Sekretariat Kabinet, Senin (11/5).

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts