Risma Menangis Sujud di Depan IDI: Saya Tak Pantas Jadi Wali Kota
Getty Images
Nasional

Wali Kota Risma menangis lantaran pihaknya tidak bisa berkomunikasi dengan RSU dr Soetomo. Padahal, Risma telah berupaya membangun komunikasi berkali-kali.

WowKeren - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sujud sambil menangis di hadapan Ikatan Dokter Indonesia. Peristiwa itu terjadi saat Risma melakukan audiensi dengan IDI Jatim dan IDI Surabaya di Balai Kota Surabaya.

"Saya memang goblok, saya tak pantas jadi wali kota," kata Risma di Balai Kota, Senin (29/6).

Bukan tanpa alasan, Risma menangis lantaran pihaknya tidak bisa berkomunikasi dengan RSU dr Soetomo. Padahal, Risma telah berupaya membangun komunikasi berkali-kali. Namun rupanya, belum membuahkan hasil.

Risma berharap agar warga Surabaya yang terpapar COVID-19 bisa mendapat perawatan di RSU dr Soetomo. "Kami tidak terima. Karena kami tak bisa masuk ke sana (RSU dr Soetomo)," tambah Risma.


Dilansir detikcom, dalam audiensi tersebut, awalnya Risma mendengarkan keluhan penuhnya ruang isolasi. Ketua Pinere RSU dr Soetomo, dr Sudarsono mengatakan jika rumah sakitnya overload pasien COVID-19.

Hal ini bisa terjadi lantaran masih banyak warga yang belum disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan. Menanggapi hal ini. Risma mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa masuk ke rumah sakit milik Pemprov Jatim seperti RSU dr Soetomo. Pemkot Surabaya tidak bisa masuk untuk berkomunikasi.

"Tolonglah kami jangan disalahkan terus. Apa saya rela warga saya mati. Kita masih ngurus orang meninggal jam 03.00 pagi, bukan warga Surabaya," kata Risma sambil menangis. "Kami masih urus."

Risma sudah menawarkan ruang isolasi yang masih kosong di RS Husada Utama untuk pasien RSU dr Soetomo. Di rumah sakit ini, tersedia sekitar 100 bed. Bahkan, bantuan dari Pemkot Surabaya berupa APD juga sempat ditolak RSU dr Soetomo.

Sebelumnya, Dokter Sudarsono menyebut ada 3 alasan mengapa tingkat kematian di Jatim sangat tinggi. Salah satu di antaranya karena banyaknya pasien yang tidak bisa mengakses kamar rawat di RSUD dr Soetomo.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait