Harus Penuh Ketelitian Dan Sabar, Intip 7 Tips Thrifting Shopping Untuk Pemula Berikut!
The New York Times/Nico Young
Lifestyle

Kegiatan thrifting bukan hanya sekedar membeli barang bekas saja, namun bagaimana kepuasan pribadi jika bisa mendapatkan barang yang keren atau rare dengan setengah harga atau lebih murah.

WowKeren - Perkembangan fashion saat ini sudah sangat meluas. Tampil menarik kini tak perlu selalu menggunakan barang baru, namun juga bisa dengan barang bekas. Oleh karena itu, kini meruak istilah thrift atau thrifting.

Secara bahasa Thrift sendiri diambil dari kata thrive yang berarti berkembang atau maju. Sedangkan kata-kata thrifty sendiri dapat diartikan sebagai cara menggunakan uang dan barang lainnya secara baik dan efisien. Dapat diartikan pula bahwa thrifting adalah kegiatan membeli barang bekas.


Kegiatan ini bukan hanya sekedar membeli barang bekas saja, namun bagaimana kepuasan pribadi jika bisa mendapatkan barang yang keren atau rare dengan setengah harga atau lebih murah. Para pelakunya memang harus menikmati setiap prosesnya.

Karena berurusan dengan barang bekas pakai, thrifting shopping tidak bisa dilakukan asal-asalan. Alih-alih mendapat barang yang bagus dan memuaskan, kalian justru bakal kehabisan energi dan kecewa dengan hasilnya. Oleh karena itu, berikut tim WowKeren rangkum 8 tips thrifting shopping untuk pemula agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Belanjalah Dengan Pakaian Yang Nyaman


Belanjalah Dengan Pakaian Yang Nyaman

Toko pakaian untuk thrifting sebagian besar berada di pasar grosir yang panas dan tentunya berdesakan banyak orang. Oleh karena itu kalian sebaiknya mengenakan pakaian yang nyaman serta sepatu yang dapat membuat kalian bergerak leluasa. Selain itu, di kalangan pedagang ada sebuah tolak ukur yang entah diciptakan oleh siapa dan entah sejak kapan masih saja berlaku.

Tolak ukur tersebut yakni mereka yang datang berbelanja dengan dandanan keren adalah orang kaya, sehingga mungkin saja kalian nantinya diberi harga mahal. Selain itu, enggak semua thrift shop memiliki ruang ganti. Ketika harus mencoba, maka kalian harus men-double pakaian tersebut. Ini kenapa sangat disarankan memakai pakaian yang tidak ribet dan santai supaya tidak merubah ukuran tubuh asli.

2. Siapkan Daftar Pakaian Yang Akan Dibeli


Siapkan Daftar Pakaian Yang Akan Dibeli

Isi thrift shop itu sangat random dan banyak sekali pilihan. Tak jarang para pencinta thrifting shopping ini berangkat dengan niat membeli item tertentu namun pulang dengan item yang lain. Untuk itu kalian lebih baik menyiapkan daftar item apa saja yang ingin dibeli.

Lebih baik sebelum pergi berbelanja, kalian memiliki referensi, kira-kira style atau barang apa yang ini dicari. Jika tidak punya daftar atau referensi maka biasanya ketika sedang thrifting kalian akan over budget, karena semua barang terlihat menarik hati.

3. Cek Hingga Rak Paling Ujung Dan Tempat Tersembunyi


Cek Hingga Rak Paling Ujung Dan Tempat Tersembunyi
Unsplash/Becca Mchaffie

Syarat utama untuk melakukan thrifting shopping adalah meluangkan waktu selama mungkin. Luangkan waktu yang panjang jika perlu seharian agar kalian bisa melihat-lihat di setiap rak. Belanja di thrift store juga harus sabar serta pantang menyerah.

Jangan patah semangat untuk melihat setiap sudut rak dan tumpukan barang yang dijual. Karena kalau beruntung, kalian bisa dapat barang bermerek yang berkualitas dan berharga terjangkau. Tak jarang pulang, beberapa penjual menaruh barang terbaik mereka di sudut rak atau bahkan tempat tersembunyi loh.

4. Perhatikan Kondisi Pakaian Dengan Super Teliti


Perhatikan Kondisi Pakaian Dengan Super Teliti
NBCnews

Perlu dicatat bahwa baju yang dijual di thrift store merupakan baju second yang mungkin cacat produksi, baik itu warna, resleting hingga kecacatan lainnya. Namun meski berbelanja di tempat baju bekas, bukan berarti baju bekas yang kalian terima begitu saja akan memiliki kondisi yang kurang oke.

Sebelum membeli, kalian harus perhatikan secara detail barang yang akan dibeli. Jika sudah menemukan pilihan kalian, jangan lupa untuk selalu mengecek apakah ada noda, kondisi jahitan, bolong atau tidak, dll. Jangan sempai menyesal ketika sudah sampai di rumah ya.

5. Jangan Sampai Tertipu Pakaian Branded Palsu


Jangan Sampai Tertipu Pakaian Branded Palsu
Getty Images/KP Peralta

Jika ingin mencoba berbelanja di thrift store, kalian harus harus hati-hati saat memilah-milah baju dengan brand tertentu. Jangan sampai kalian termakan dengan suatu brand ternama. Karena akan sangat mudah bagi para pelaku atau oknmum mengubah suatu label dengan kualitas bahan yang kurang oke, dan mengambil keuntungan yang lebih besar.

Jadi kunci untuk menghindari dari kejadian tersebut adalah kalian harus mencari rekomendasi dari orang-orang mengenai tempat thrift shop atau penjual yang sudah bisa dipercayai. Kalau kalian bisa datang langsung, akan sangat lebih bagus karena kalian bisa melihat dan memeriksa secara lebih mendetail lagi. Tetapi jika berbelanja online, kalian harus mengecek terlebih dahulu review dari pelanggan sebelumnya.

6. Lakukan Trik Tawar Menawar


Lakukan Trik Tawar Menawar
middleeasteye/Mohamed Mahmoud

Belanja di thrift store wajib memiliki skil menawar yang tinggi. Pasalnya, biar bagaimanapun, barang brand ternama atau vintage yang kalian beli itu adalah barang second. Jadi pandai-pandailah menawar, atau lakukan beberapa trik. Salah satunya, saat belanja, simak baik-baik dan analisa kira-kira si penjualnya dari daerah mana.

Jika beruntung berasal dari daerah yang sama dengan kalian, jangan sungkan-sungkan untuk pakai bahasa daerah. Dengan begitu, kalian bisa menjual semangat sebagai saudara sekampung halaman untuk mendapatkan harga lebih murah. Namun perlu diingat, saat menawar, tawarlah sewajarnya dan sesuai dengan kualitas barang kalian. Jangan sampai membuat pedagang rugi ya.

7. Bawa 'Amunisi' Agar Nyaman Berbelanja


Bawa 'Amunisi' Agar Nyaman Berbelanja

Karena sering terletak di pasar yang padat orang, kalian harus wajib membawa "amunisi" agar nyaman berbelanja. Jika kalian merasa pasar tempat kalian berbelanja, bawalah kipas angin portable agar kalian tidak kepanasan. Selain itu jangan lupa bawa parfum agar tubuh kalian tetap segar usai berkeringat.

Selain itu, tidak semua toko barang bekas memiliki tempat yang terjaga kebersihannya. Ada baiknya kamu siapkan tisu basah untuk selalu menjaga kebersihan apalagi masa pandemi seperti ini. Tetaplah memakai masker dan selalu membawa hand sanitizer.

8. Langsung Cuci Hasil Belanjaan Sebelum Dikenakan


Langsung Cuci Hasil Belanjaan Sebelum Dikenakan

Meski terlihat baru dan berkualitas, namun hasil belanjaan kalian tetaplah barang bekas. Kalian tidak tau apa yang terjadi pada baju-baju tersebut sebelum berada di tangan kalian. Untuk itu, guna menghindari penyakit kulit atau hal-hal lain yang tidak diinginkan, segeralah mencuci pakaian hasil thrift kalian sebelum dipakai.

Supaya bersih menyeluruh, rendam pakaian dengan air hangat dan jangan dengan air panas karena akan merusak serat kain. Tambahkan cairan antiseptik, kira-kira satu tutup botol dan biarkan rendaman semalaman. Keesokan harinya, cuci pakaian seperti biasa dengan deterjen atau softener. Pisahkan pakaian yang berwarna dengan pakaian yang putih sebelum mencucinya ya.

Intip juga yuk tips berjalana-jalan ke mall di era new normal ini agar terhindar dari virus corona di sini. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa benda yang wajib dibawa setiap beraktivitas di luar rumah saat new normal.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru