Marcell Siahaan Ngaku Wariskan Kenakalan Ke Anak, Begini Cara Didiknya Agar Tetap Disiplin
WowKeren/Fernando
Selebriti

Marcell Siahaan menceritakan bagaimana cara mendidik anak-anaknya yang mewarisi kenakalannya. Ia juga memberikan tips-tips agar anak bisa selalu disiplin.

WowKeren - Baru-baru ini Marcell Siahaan menceritakan bagaimana ia dan sang istri, Rima Melati Adams mendidik anak-anak mereka. Marcell mengaku bahwa ia ingin anak-anaknya bisa hidup berdampingan dengan teknologi.

"Kalau saya sama Rima sepakat bahwa kita akan terus membawa anak-anak kita untuk tetap bisa berjalan bersamaan dengan teknologi, berjalan dengan kondisi-kondisi yang paling faktual sekarang," ungkap Marcell saat ditemui WowKeren, di Bilangan Kapten Tendean, Kamis (2/7). "Tapi tetap kita harus punya standar karena buat saya menempatkan diri itu penting dan menempatkan diri itu memang kita harus punya disiplin-disiplin tertentu."

Menariknya lagi, Marcell mengakui bahwa ia mewariskan kenakalan dalam diri anak-anaknya. Pria berusia 42 tahun ini lantas mengenang bagaimana dulu orangtuanya mendidik dengan kekerasan karena sikap nakalnya.

"Dan saya sama Rima persamaan kami adalah sama-sama didik keras dulu sama orangtua. jaman dulu yang tidak segan-segan merotan kami kalau kami melakukan kesalahan," papar Marcell. "Tentunya kita juga banyak melakukan banyak hal yang mungkin tegas tapi tidak seperti yang dilakukan oleh orangtua kami, tapi kita juga sadar bahwa DNA kenakalan itu ada di mereka, jadi kita harus cari tahu caranya bagaimana kasih tahu ke mereka supaya mereka tetap bisa disiplin tanpa harus di rotan kaya kita dulu."


Meski senang melihat anak-anaknya bisa mengenal teknologi, Marcell tetap memberikan aturan dalam penggunaan gadget. "Kalau saya sama Rima sepakat untuk dilimit waktunya kaya Seth apa lagi semenjak pandemi ini gabut yah semuanya gabut jadi mau gak mau harus cari kegiatan. Terutama bermain-main dengan game konsol atau dengan gadget itu jadi kaya kalau kita gak kontrol itu jadi kaya makanan sehari-hari yang gak ada batasannya," terang Marcell.

"Nah sekarang kita bikin waktu kalau main game konsol hanya di wekend saja. Jadi hari biasa dia harus belajar, dia harus baca buku untuk jam tertentu dia harus latihan juga saya temenin biasanya 30 menit latihan piano sama main drum 30 menit," tambah Marcell. "Yang penting di mau main musik setelah itu dia mau main terserah. jadi tetap ada disiplinnya jangan terlalu los dibolehin semuanya boleh main kalau gak terlalu liar sih."

Sementara itu, Marcell juga menerangkan bagaiamana istrinya selalu bersikap tegas dalam mendidik anak-anaknya. "Kalau Rima itu galak banget, dan kita sering kali main menteri hitam, menteri putih di satu sisi karena ada beberapa hal dia (anak-anak) minta tolong saya karena negosiasi ke ibunya gagal atau di hal yang lain dia minta tolong ibunya karena negosiasi sama saya gagal," jelas Marcell.

"Jadi kita harus pinter-pinter gimana caranya karena itu tadi saya bilang anak-anak jaman sekarang pinter-pinter banget semuanya," pungkas Marcell. "Dia bisa bikin cara untuk kita jadi luluh, gak tega. tapi kita sadar kalau kita terus-terusan luluh berantakan anaknya."

(wk/lail)

You can share this post!

Related Posts