Dokter Reisa Beri 4 Tips Aman Untuk Pesan Antar Makanan Selama Pandemi Corona
Health

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Dokter Reisa Broto Asmoro membagikan 4 tips agar tetap aman semasa pandemi virus corona jika ingin delivery makanan.

WowKeren - Masyarakat Indonesia sudah mulai menjalani new normal di tengah pandemi virus corona (COVID-19). Meski demikian, kenaikan kasus yang sangat signifikan tentunya masih menciptakan kekhawatiran sendiri. Berbagai tindakan pencegahan pun harus selalu dilakukan demi mencegah penularan virus.

Salah satu cara pencegahan adalah dengan mengurangi aktivitas di luar rumah, seperti saat mencari makan. Opsi pesan antar delivery makanan dapat diterapkan untuk mencegah datang langsung ke tempat makan dan bertemu banyak orang.

Duta adaptasi kebiasaan baru Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro memberikan tips-tips agar delivery makanan dipastikan aman. Salah satunya adalah dengan menyiapkan tempat khusus di depan rumah agar masyarakat tidak perlu berkontak dengan kurir.

”Bagi Anda yang ingin menerima paket siapkan tempat khusus di depan rumah,” kata dr Reisa dalam siaran BNPB melalui kanal Youtube, Minggu (12/7). “Agar paket bisa diletakan langsung oleh kurir tanpa bertemu langsung dengan kita.”

Selain saran diatas, dokter Reisa turut membagikan 4 tips aman saat melakukan delivery makanan:

1. Segera buang pembungkus wadah makanan

Dokter Reisa mengatakan saat menerima pesanan makanan, maka sebaiknya segera membuang pembungkusnya. Setelah itu, jangan lupa untuk mencuci tangan demi menghindari penularan virus.

”Pertama, buang segera bungkus atau kemasan wadah yang tidak perlu,” saran Reisa. “Lalu jangan lupa cuci tangan.”


2. Bersihkan wadah kemasan

Reisa mengatakan jika saat menerima paket atau barang yang dibeli secara online memang disarankan untuk disemprot dengan disinfektan. Namun, untuk makanan hal tersebut tidak disarankan.

Menurutnya, kemasan makanan sebaiknya dibersihkan dengan pembersih yang tidak berisiko mencemari makanan. Salah satunya adalah dengan menggunakan tisu antiseptik untuk membersihkan kemasan makanan. “Gunakan pembersih yang tidak mencemari bahan makanan,” ujar Reisa.

3. Panaskan ulang makanan

Tips selanjutnya, Reisa menyarankan agar makanan dipanaskan terlebih dahulu selama 3 menit. Hal ini demi membunuh bakteri ataupun kuman yang bercampur dalam makanan.

Disarankan masak sampai matang atau panaskan ulang,” ujar Reisa. “Dengan suhu minimal 65 derajat celcius selama 3 menit.”

4. Cuci tangan

Dokter Reisa menyarankan sebelum menyantap makanan, masyarakat diminta mencuci tangan lagi dengan sabun dan air mengalir. “Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah dan sebelum kita mengonsumsi makanan,” pungkasnya.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait