Berada Satu Garis dengan Bumi dan Matahari, Jupiter Bisa Dilihat dari Langit Indonesia Malam Ini
SerbaSerbi

Nantinya, posisi Jupiter, Bumi, dan Matahari akan berada di satu garis lurus. Posisi garis lurus ini memungkinkan planet raksasa tersebut dapat dilihat dari bumi dengan sangat terang

WowKeren - Jupiter selama ini dikenal sebagai planet terbesar dalam tata surya di Galaksi Bima Sakti. Namun apa jadinya jika Jupiter ini ternyata bisa dilihat dari bumi, khususnya langit Indonesia?

Malam ini, Selasa (14/7), Jupiter dapat diamati dan masuk dalam Oposisi sehingga planet ini akan berada pada posisi terdekatnya dengan bumi. Saat Oposisi, Jupiter akan terbit saat Matahari terbenam dan terbenam saat Matahari terbit.

Nantinya, posisi Jupiter, Bumi, dan Matahari akan berada di satu garis lurus. Posisi garis lurus ini memungkinkan planet raksasa tersebut dapat dilihat dari bumi dengan sangat terang, seperti halnya bulan purnama. Adapun puncak oposisi Jupiter terjadi sekitar pukul 15.03 WIB.


Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut jika Jupiter akan masih berada di bawah ufuk ketika terjadi oposisi di langit Indonesia. Sehingga planet ini baru bisa diamati ketika matahari telah terbit.

Sementara itu, Planetarium Jakarta menyebut jika Jupiter akan terbit saat matahari terbenam pada 15/7. Pada saat itu,Jupiter berada di jarak terdekatnya dengan Bumi, yakni sekitar 619 kilometer. Yang mana, fenomena ini akan dimulai dari 13.49 WIB hingga 19.59 WIB.

Planetarium Jakarta menjelaskan terkait fenomena oposisi benda langit. Pada dasarnya, benda-benda langit memiliki lintasannya masing-masing. Mereka bergerak di orbit masing-masing dengan kecepatan yang berbeda-beda.

Akibat adanya gerakan mengorbit ini, ada kalanya benda langit berada dalam posisi istimewa. Contoh dari posisi istimewa ini adalah fenomena Oposisi. Sedangkan oposisi sendiri terjadi ketika Bumi berada diantara matahari dan planet. Meski demikian, oposisi tidak terjadi pada semua planet, melainkan hanya Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait