Usaha Mati-Matian Jin Berlatih Vokal dan Tari Sangat Diapresiasi Member BTS
Selebriti

Jin awalnya tidak berniat terjun ke dunia musik tapi setelah diyakinkan, ia mengambil rute ini dan bekerja mati-matian untuk mengimbangi member yang lain dalam hal vokal dan tari.

WowKeren - Jin BTS (Bangtan Boys) tidak berniat terjun ke dunia musik karena mimpinya adalah menjadi seorang aktor. Namun setelah diyakinkan oleh Bang Shi Hyuk, pendiri Big Hit Entertainment, ia memutuskan untuk mengambil rute ini dan bekerja mati-matian untuk mengimbangi member yang lain dalam hal vokal dan tari.

Jin mengungkapkan dalam salah satu dokumenter BTS, "Sebelum menjadi trainee di sekitar usia 20-21 tahun, aku tidak memiliki banyak minat dalam bernyanyi. Aku sama sekali tidak menyanyi sampai usia tersebut, ketika aku mulai dan meskipun aku tidak memiliki banyak keterampilan, aku bekerja sangat keras untuk menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan dalam menyanyi."


Usaha mati-matian Jin dalam berlatih vokal dan tari tentu saja membuahkan hasil. Member-member BTS beberapa kali memberikan apresiasi terhadap kakak tertua mereka. Jimin BTS bahkan terkejut melihat seberapa banyak Jin telah meningkat dan merasa suaranya sekarang bisa cocok dengan genre apa pun.

"Ketika kami sedang merekam untuk album ini aku merasa bahwa suara Jin menjadi jauh lebih baik. Aku sangat terkejut. Sebelumnya, dia akan merasa tertekan karena suaranya tapi sekarang rasanya seperti dia bisa menggunakan suaranya untuk genre apa pun karena dia menjadi jauh lebih baik," ungkapnya.

Source: Twitter

Jimin menambahkan dalam kesempatan lain, "Ini adalah pertama kalinya aku merasa bahwa 'seseorang benar-benar dapat berkembang' dan aku ingin melakukan yang lebih baik setelah melihat itu. Aku berpikir dalam hati, 'Ini adalah orang-orang yang membantuku tumbuh.'"

J-Hope mengatakan bahwa vokal Jin ketika bernyanyi secara langsung telah banyak berubah. Ia merasa bahwa vokal pemilik nama Kim Seokjin itu semakin kuat. Jungkook juga sependapat dengan J-Hope bahwa Jin sangat bagus dalam menyanyi langsung.

Jungkook juga merasa bahwa meskipun mereka tidak melihatnya berlatih, Jin selalu membaik dan lebih baik ketika mereka berlatih bersama. "Dia selalu bekerja keras sendiri. Aku tidak melihat dia berlatih ketika aku di sini, tapi dia selalu membawa hasil terbaik ketika tiba saatnya. Kupikir Jin adalah orang yang paling meningkat. Aku sadar bahwa Jin juga seseorang yang memiliki kebanggaan dan gairah," ungkapnya.

"Jin adalah seseorang yang berusaha keras. Meskipun kita tidak melihatnya berlatih terang-terangan, aku selalu mendengar dari orang lain bahwa dia berlatih sendiri di kamar hotel larut malam. Kupikir dia memiliki keadaan mental yang kuat terlepas dari apakah dia memiliki sisi lemah di dalam. Dia selalu tampak kuat cara dia peduli untuk masing-masing member," kata V.

Source: Twitter

Jin sendiri mengaku bahwa dirinya terus berlatih meski ia takut menjadi lebih baik dan tidak menjadi beban bagi member lainnya. "Aku menari setiap hari tanpa pernah melewatkan hari. Ini adalah kondisiku sekarang dan kurasa aku sangat takut untuk selalu menggerakkan tubuhku dan bergerak mengikuti irama," curhatnya.

Dalam salah satu vlog lamanya pada 2014, Jin mengatakan, "Kupikir itu karena aku tidak memiliki banyak otot di tubuhku sehingga untuk membuat otot, aku berolahraga setiap hari. Mungkin aku akan bisa menari dengan baik setelah aku membuat cukup otot di tubuhku? Akankah ini mungkin?"

Bahkan setelah mengalami peningkatan yang sangat banyak sejak awal, Jin terus berpikir bahwa itu tidak cukup dan bahwa ia masih harus menempuh jalan yang panjang. Dalam jumpa pers untuk album baru BTS "Map of the Soul: 7" pada Februari lalu, Jin terus mengkritik kemampuan tarinya semantara member yang lain menegurnya agar tidak mengatakan hal seperti itu.

Para member BTS sangat mengapresiasi usaha mati-matian Jin untuk menjadi lebih baik sehingga tidak mengecewakan banyak orang. Namun ia melakukannya untuk diri sendiri, bukan semata-mata karena ingin memuaskan orang lain. Karena menurut J-Hope, Jin adalah seseorang yang tahu persis apa yang membuatnya bahagia.

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts