Pertama di Dunia, Bakteri Pemakan Logam Ditemukan Secara Tak Sengaja
Pixabay
SerbaSerbi

Kronologi berawal ketika ilmuwan menemukan bakteri itu usai melakukan percobaan menggunakan jenis mangan seperti kapur, unsur kimia yang umum ditemukan.

WowKeren - Para ilmuwan telah menemukan bakteri jenis baru. Berbeda dari bakteri-bakteri yang sudah ada selama ini, bakteri jenis baru ini memakan dan mendapatkan kalori dari logam.

Para ilmuwan sebenarnya telah menduga jika bakteri ini telah ada lebih dari seratus tahun lalu, namun belum ada bukti terkait keberadaan itu. Menariknya, bakteri yang diduga sudah hidup sejak 100 tahun lalu ini ditemukan secara tidak sengaja oleh ahli mikrobiologi dari California Institute of Technology (atau Caltech).

Kronologi berawal ketika ilmuwan menemukan bakteri itu usai melakukan percobaan menggunakan jenis mangan seperti kapur, unsur kimia yang umum ditemukan. Namun percobaan itu sejatinya tidak berhubungan dengan bakteri tersebut.

Mulanya, Jared Leadbetter, profesor mikrobiologi lingkungan di Caltech di Pasadena meninggalkan tabung untuk direndam dalam air keran di wastafel kantornya. Tabung kaca tersebut ditutup dengan bahan tertentu.


Tabung itu ditinggalkannya selama beberapa bulan karena ia harus bekerja di luar kampus. Namun alangkah terkejutnya saat ia kembali ketika mendapati tabungnya itu terlapisi dengan bahan gelap.

"Saya berpikir, 'Apa itu?'" kata Leadbetter dalam siaran pers seperti dilansir dair CNN. "Saya mulai bertanya-tanya mungkinkah ini jenis mikroba selama ini dicari-cari. Jadi kami secara sistematis melakukan tes untuk mengetahui hal itu."

Dari hasil tes yang dilakukan, para peneliti pun menemukan jika lapisan hitam yang ada di botol itu adalah mangan yang teroksidasi. Yang mana, senyawa ini dihasilkan oleh bakteri yang baru ditemukan yang kemungkinan besar berasal dari air keran.

Dalam penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature pada hari Selasa (14/7), ilmuwan mencatat bahwa ini adalah bakteri pertama yang menggunakan mangan sebagai sumber energi. Mikroba merupakan organisme unik dalam melakukan metabolisme.

"Ini adalah bakteri pertama yang ditemukan menggunakan mangan sebagai sumber bahan bakarnya," kata Leadbetter. "Aspek indah dari mikroba di alam adalah bahwa mereka dapat memetabolisme bahan yang tampaknya tidak mungkin, seperti logam, menghasilkan energi yang berguna bagi sel."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait