Birthday Spotlight: Happy Tiffany Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Tiffany akan merayakan ulang tahunnya yang ke-31 (32 tahun menurut perhitungan Korea) pada 1 Agustus. Ini menjadi tahun kedua pemilik nama asli Stephanie Young Hwang tersebut memasuki usia 30-an.

WowKeren -

Seperti pekan-pekan sebelumnya, tim redaksi WowKeren kembali mengulas perjalanan karir bintang Korea Selatan melalui rubrik mingguan Birthday Spotlight. Kali ini, penyanyi sekaligus aktris populer yang menghiasi rubrik Birthday Spotlight adalah Tiffany Girls' Generation.

Tiffany akan merayakan ulang tahunnya yang ke-31 (32 tahun menurut perhitungan Korea) pada hari ini, 1 Agustus. Ini menjadi tahun kedua pemilik nama asli Stephanie Young Hwang tersebut memasuki usia 30-an. Simak perjalanan karir Tiffany mulai debut hingga kini!

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Tiffany lahir sebagai Stephanie Young Hwang pada 1 Agustus 1989, di San Francisco, California. Keluarganya terdiri dari ayahnya, kakak perempuan dan kakak laki-laki. Ibunya meninggal ketika ia berusia 12 tahun dan dia terasing dari ayahnya.

Tiffany tumbuh di Diamond Bar, California, dan terinspirasi oleh BoA. Didorong oleh kakaknya, pada usia 15 tahun, Tiffany berpartisipasi dalam kontes menyanyi. Ia ditemukan oleh perwakilan SM Entertainment setempat, diaudisi dan diterima sebagai peserta pelatihan atau trainee. Ia pindah ke Korea Selatan tiga minggu kemudian.

2. Debut


Debut

Bersama member Girls' Generation lainnya, Tiffany resmi debut dengan tampil di program musik "Inkigayo" pada 5 Agustus 2007 membawakan lagu debut "Into the New World". Lagu tersebut mendapat sambutan cukup hangat dari publik.

Pada November 2007, Girls' Generation melanjutkan kesuksesan mereka dengan merilis full album pertama bertajuk "Girls' Generation" dengan lagu utama berjudul sama yang merupakan remake dari lagu milik Lee Seung Cheol. Pada Maret 2008, album tersebut dirilis ulang dengan judul "Baby Baby".

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Nama Girls' Generation langsung dikenal luas di kalangan publik usai mereka merilis mini album "Gee" pada 7 Januari 2009. Lagu utamanya yang juga berjudul "Gee" berhasil memuncaki chart musik tahunan serta mengantarkan mereka meraih 9 piala "Music Bank".

Girls' Generation merilis mini album kedua mereka yang bertajuk "Genie" pada Juni 2009 dengan lagu utama berjudul sama. Kesuksesan ini terus berlanjut dengan dirilisnya full album kedua bertajuk "Oh!" yang menelurkan lagu hits "Oh!". Di tahun yang sama, Girls' Generation bergabung dengan Nayutawave Records yang menandai dimulainya aktivitas mereka di Jepang.

Pada Oktober 2011, Girls' Generation merilis full album ketiga berjudul "The Boys". Karir mereka di Jepang juga tak kalah gemilang di mana Girls' Generation meraih penghargaan Album of the Year di ajang MTV Video Music Awards Japan 2012 serta mendapat sertifikasi dari RIAJ usai album Jepang "Girls' Generation" terjual 1 juta copy.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Pada Mei 2016, Tiffany menjadi member Girls' Generation kedua setelah Tae Yeon yang merilis album solo, dengan judul "I Just Wanna Dance". Setelah meninggalkan SM Entertainment pada Oktober 2017, ia pindah ke kampung halamannya, Los Angeles dan memulai karir sebagai penyanyi solo, dimulai dengan single "Over My Skin" yang dirilis pada 2018.

Menyusul perilisan empat single non-album pada 2018, Tiffany merilis mini album keduanya yang bertajuk "Lips on Lips" pada Februari 2019, yang didukung oleh singel utama "Born Again" dan "Lips on Lips". Tiffany juga menggelar tur konser "Lips On Lips North American Mini Showcase Tour" tahun lalu.

5. Kontroversi


Kontroversi

Tiffany mendapat kecaman dari netizen Korea gara-gara postingannya di SNS pada 15 Agustus 2016 setelah konser "SMTOWN Live Tour V" di Jepang. Ia mengunggah postingan dengan caption "Babes (emoticon bendera Jepang) (emoticon hati)," dan yang lainnya dengan stiker "Tokyo, Japan" dengan desain matahari terbit pada gambar Snapchat.

15 Agustus adalah Hari Pembebasan Nasional di Korea Selatan, merayakan kebebasan negara tersebut dari pemerintahan kolonial Kekaisaran Jepang. Postingan Tiffany memicu kritik keras dari netizen Korea, yang menyerukan tanggapan, tidak hanya karena telah memasang emoticon bendera Jepang tapi juga matahari terbit, yang kontroversial karena hubungannya dengan Kekaisaran Jepang.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Beberapa waktu lalu, sempat ada kabar kalau Girls' Generation akan comeback sebagai grup, namun belum ada kelanjutan terkait hal ini. Tiffany sendiri diyakini masih akan meneruskan karir solonya di Amerika Serikat.

Selain "Lips On Lips North American Mini Showcase Tour", tahun lalu Tiffany juga menggelar dua konser lainnya yakni "Open Hearts Eve" dan "Magnetic Moon North American Tour". Tahun ini, ia kembali menggelar konser dengan judul "Open Hearts Eve Part Two".

You can share this post!

Related Posts