Putra Sulung Risma Akui Siap Maju Jadi Calon Wakil Walkot Surabaya, Wujud Politik Dinasti?
Nasional

Fuad Bernardi, putra sulung Tri Rismaharini, mengaku siap bila diberi amanah menjadi Calon Wakil Wali Kota Surabaya di Pilkada 2020. Fuad pun membeberkan alasan di balik pencalonannya itu.

WowKeren - Kiprah Tri Rismaharini sebagai pimpinan Kota Surabaya jelas tak perlu diragukan hingga memancing tanda tanya, siapa yang akan menggantikannya? PDI Perjuangan sebagai partai pengusung Risma belum memberikan rekomendasinya, namun di tengah berbagai isu yang muncul, sosok putra sulung sang Wali Kota Surabaya mendadak ramai dibicarakan.

Bahkan baru-baru ini Fuad Bernardi, putra Risma, dengan tegas mengaku siap maju sebagai Calon Wakil Walkot Surabaya. Kader DPC PDIP Surabaya ini mengaku sudah mempersiapkan tim relawan dari jauh-jauh hari.

"Untuk basis massa memang ada, di dua kali Pilwali waktu zamannya Ibu, saya mempunyai tim relawan yang memang bergerak, juga dari teman-teman muda milenial," ujar Fuad, Jumat (14/8). "Persiapan sudah siap, jika rekom (DPP PDIP) ada nama saya."

Namun Fuad mengaku memang tidak mendaftarkan diri dalam posisi apapun ke PDIP. Hanya saja ia mengaku siap bila PDIP memberikan amanah baginya untuk maju mencalonkan diri.


Fuad tak menampik pernah "aji mumpung" dengan memanfaatkan momentum kepemimpinan sang ibu. Kala itu Fuad aktif blusukan ke masyarakat Surabaya, kemudian para tokoh masyarakat, sampai kaum milenial.

Tentu majunya Fuad ini membuat sejumlah pihak menuding tengah ada upaya pembentukan dinasti politik, sebagaimana kecaman serupa yang diterima oleh Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo saat mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo. Namun Fuad menegaskan bahwa majunya dirinya murni untuk menunjukkan seberapa besar potensi pemuda di bidang politik.

"Potensi anak muda di Surabaya itu besar, karena memang jumlah anak muda di Surabaya cukup banyak," terang Fuad, dikutip dari Kompas, Sabtu (15/8). "Jadi, memang paling enggak ada pasangan calon yang harus bisa memfasilitasi keinginan dari para pemuda juga, biar para pemuda ini bisa mempunyai kreativitas-kreativitas, dan kota ini bisa maju lagi."

Untuk rekomendasi sosok yang akan menggantikan Risma memang baru akan diumumkan PDIP pada Rabu (19/8) pekan depan. "Insya Allah tanggal 19 Agustus, tahap terakhir pengumuman calon kepala daerah," ujar Ketua DPD PDIP Jawa Timur, Kusnadi.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait