Anang Hermansyah Minta Maaf Usai Dituding Lecehkan Bahasa Isyarat dan Kaum Tunarungu
Instagram
Selebriti

Permasalahan ini bermula dari tayangan konten YouTube di kanal The Hermansyah yang menunjukkan Anang tengah membuat gerakan seperti bahasa isyarat yang dianggap sebagai sebuah lelucon.

WowKeren - Anang Hermansyah kini tengah menjadi sorotan usai diduga melecehkan kaum tunarungu karena dianggap mempermainkan bahasa isyarat. Hal ini tentunya langsung membuat kelompok disabilitas, terutama komunitas tunarungu merasa kecewa dan tersinggung.

Menanggapi tudingan tersebut, Anang Hermansyah dengan ditemani sang istri, Ashanty, pun langsung meminta maaf dan mengatakan tak memiliki maksud merendahkan atau melecehkan bahasa isyarat.

Permasalahan ini bermula dari tayangan konten YouTube di kanal The Hermansyah yang menunjukkan Anang tengah membuat gerakan seperti bahasa isyarat yang dianggap netizen sebagai sebuah lelucon. Dalam video tersebut, Ashanty tengah marah dan Anang melakukan gerakan tangan seolah memberikan bahasa isyarat.

Mendapati hal ini, pemilik akun Instagram @cbudidharma memprotes aksi Anang yang dinilai tak perlu dan dirasa menghina kaum tuli. Akun tersebut pun meminta Anang untuk menghormati para kaum tuli. "Ini tidak diperlukan, dan ini sangat menghina kaum tuli. Lucu boleh, tetapi memperagakan bahasa isyarat?" terang akun tersebut.

Permintaan Maaf Anang Hermansyah Usai Dituding Hina Kaum Disabilitas

Instagram/ @cbudidharma


Tak mau memperpanjang masalah, pemilik akun tersebut pun meminta Anang Hermansyah membuat video permohonan maafnya pada kaum disabilitas, terutama komunitas tuli. Tak lama dari permintaannya, Anang Hermansyah terlihat tampil disebuah video sembari meminta maaf karena ulahnya yang membuat kaum disabilitas tersinggung.

"Halo, nama saya Anang. Saya mau minta maaf. Terima kasih," kata Anang menggunakan bahasa isyarat dalam video tersebut.

Tak cukup di sana, Ashanty kemudian memberikan penjelasannya terkait adanya hal tersebut. Ashanty juga menjelaskan kondisi yang sebenarnya dalam video yang diduga menyinggung kaum disabilitas

"Jadi ceritanya dari video yang diedit kita sedikit cekcok karena ketika mas Anang ngobrol ke kamera, terus-terus ngobrol sama saya. Saya gak dengerin. Saya sibuk lomba, sampai 'hey aku lagi ngomong loh'," kata Ashanty. "Nah, akhirnya mas Anang pas saya yang lagi ngobrol ke kamera, dia itu mau ngasih isyarat tapi bukan mau ngejek temen-temen tuli tapi dia kayak 'Nih cewek nyinyir banget nih banyak omong banyak omong, pusing gak mau dengerin'."

Ashanty pun menjelaskan adegan tersebut sudah melalui proses editing yang membuat tayangan tersebut malah menimbulkan banyak presepsi. "Tapi dia gak mau ngomong karena kesel sama saya, sama editor kita bagian belakangnya diedit jadi menimbulkan persepsi. Dari hati kami yang paling dalam gak ada sedikitpun niat untuk mengejek atau tidak menghargai atau merendahkan, melecehkan bahasa isyarat bahkan kami pun tidak paham kan bahasa isyarat," pungkas Ashanty.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru