Murah dan Mudah Didapat, 8 Bahan Alami Ini Dikenal Ampuh Untuk Mengobati Sengatan Lebah
Pixabay
Health

Rasa sakit yang disebabkan oleh sengatan lebah memang sangat mengganggu dan tidak nyaman. Oleh sebab itu, sebaiknya segera obati dengan delapan bahan alami berikut ini.

WowKeren - Lebah merupakan salah satu jenis serangga yang dihindari banyak orang, sebab jika terkena sengatannya bisa menimbulkan rasa sakit yang bertahan selama beberapa jam. Tak hanya itu, seseorang yang tersengat lebah biasanya akan mengalami bengkak, kemerahan, panas serta gatal yang tak kunjung hilang.

Dalam kondisi yang parah, sengatan lebah dapat mengancam jiwa manusia sebab racun yang ditinggalkan oleh jenis lebah tertentu tidak dikeluarkan. Selain gejala di atas, mereka juga dapat mengalami keluhan yang lebih parah seperti pembengkakan lidah dan tenggorokan, sulit bernafas, mual dan muntah, diare, pusing serta hilang kesadaran.

Untuk menghindari gejala yang lebih parah dan kematian akibat serangan lebah, pertolongan pertama sangat penting dilakukan yaitu dengan mencuci bekas sengatan menggunakan sabun dan air. Setelah itu, kamu bisa mengaplikasikan beberapa bahan alami berikut ini untuk pengobatan di tahap selanjutnya.

(wk/eval)

1. Madu


Madu
Unsplash/Arwin Neil Baichoo

Bahan alami pertama yang dapat kamu gunakan untuk mengobati sengatan lebah adalah madu karena mengandung senyawa yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan. Selain itu, antibakteri yang ada di dalamnya dapat mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu hanya perlu mengoleskan madu pada area yang disengat lebah. Olsekan tipis-tipis saja dan biarkan selama satu jam. Setelah itu bilas dengan air untuk menghilangkan rasa lengket dan tidak nyaman.

2. Cuka Sari Apel


Cuka Sari Apel
Pixabay

Cuka sari apel adalah bahan alami berikutnya yang WowKeren rekomendasikan untuk kalian. Bahan satu ini memiliki sifat penetral yang dipercaya mampu mengembalikan kondisi kulit yang terluka akibat sengatan lebah.

Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, sebab kamu hanya perlu merendam bagian kulit yang terkena sengatan ke dalam baskom berisi cuka apel selama 15 menit. Selain itu, kamu juga bisa merendam kain bersih atau perban ke dalam cuka apel kemudian tempelkan pada area yang disengat lebah.

3. Lidah Buaya


Lidah Buaya
Unsplash/Severin Candrian

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengobati kulit yang terkena sengatan lebah. Hal ini disebabkan karena lidah buaya mengandung antibakteri yang dapat menghindarkan kulit dari risiko infeksi akibat sengatan. Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat melembabkan yang ampuh dalam menenangkan saraf kulit yang baru saja terkena sengatan.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pertama-tama kamu harus mengeluarkan gel lidah buaya dari dalam kulitnya. Kemudian oleskan gel tersebut pada area yang disengat untuk mengurangi pembengkakan maupun infeksi.

4. Minyak Atsiri


Minyak Atsiri
Unsplash/Kelly Sikkema

Bila kamu memiliki minyak atsiri di rumah, sebaiknya gunakan untuk mengobati kulit yang terkena sengatan lebah. Minyak atsiri sendiri memiliki banyak jenis seperti tea tree oil, lavender, thyme, rosemary hingga witch hazel. Berbagai minyak tersebut memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antiseptik yang dapat mengurangi rasa sakit serta pembengkakan akibat sengatan lebah.

Cara menggunakannya sangatlah mudah. Pertama-tama campurkan beberapa tetes minyak atsiri dengan minyak zaitun atau minyak kelapa dengan perbandingan 1:4. Setelah itu oleskan pada bagian yang terkena sengatan dan lakukan secara rutin sampai sembuh.

5. Es Batu


Es Batu
Unsplash/Tomáš Lištiak

Salah satu kegunaan es batu adalah untuk mengobati luka akibat sengatan lebah karena dapat menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan pada bagian yang terkena sengatan. Cara penerapannya sangat mudah. Pertama-tama cuci area kulit yang terkena sengatan untuk menghilangkan sisa racun lebah. Setelah itu bungkus es batu dengan kain steril atau kantung plastik kemudian kompres pada area yang disengat. Ulangi cara ini sampai lukamu benar-benar sembuh.

6. Daun Pisang


Daun Pisang
Unsplash/Wes Hicks

Bahan alami berikutnya yang dapat kalian gunakan untuk mengobati sengatan lebah adalah daun pisang. Daun pisang memiliki getah yang berfungsi sebagai pereda rasa panas dan mengurangi peradangan pada kulit yang diakibatkan oleh sengatan lebah. Caranya mudah kok, sebab kamu hanya perlu menghaluskan daun pisang lalu membubuhkannya pada kulit yang terkena sengatan.

7. Kentang dan Bawang


Kentang dan Bawang
Unsplash/Syd Wachs

Kentang dan bawang tak hanya bisa dijadikan sebagai bahan masakan, namun juga ampuh untuk mengobati kulit yang terkena sengatan lebah. Kedua bahan ini memiliki sifat anti peradangan dan sudah sering digunakan sebagai obat sengatan lebah tradisional.

Perpaduan kentang dan bawang dapat mengobati reaksi alergi serta mengurangi rasa sakit dan bengkak setelah disengat lebah. Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, sebab kamu hanya perlu menghaluskan kedua bahan tersebut lalu oleskan pada kulit yang terkena sengatan. Bila perlu ulangi sampai lukamu benar-benar sembuh.

8. Lumpur


Lumpur
Unsplash/Massimo Sartirana

Meski terdengar tidak biasa, bahan alami satu ini cukup ampuh dalam mengobati sengatan lebah loh. Bila kalian tersengat lebah di luar ruangan dan tidak bisa ke kamar mandi atau lemari obat, kalian bisa meredakan rasa sakitnya dengan cepat menggunakan lumpur. Namun jika tidak menemukan lumpur, kalian bisa menambahkan air pada tanah kering agar menjadi basah. Setelah itu aplikasikan pada kulit yang terkena sengatan agar rasa sakitnya menghilang.

Demikian delapan bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sengatan lebah yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang berkhasiat untuk mengatasi vagina yang gatal.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait