Menko Airlangga Pakai Kalung 'Penangkal Corona' Rp 2,23 Juta, Begini Cara Kerjanya
Facebook/Kemenko Perekonomian RI
Health
COVID-19 di Indonesia

Sejatinya kalung yang dikenakan Airlangga merupakan portable air purifier yang mendorong udara lebih bersih ke pemakainya. Pemurni udara ini diklaim bisa memfilter partikel seukuran virus Corona.

WowKeren - Penampilan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto kala memimpin Rapat Koordinasi Pimpinan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di Bintan, Kepulauan Riau tengah mencuri perhatian. Pasalnya Airlangga tampak menggunakan sebuah kotak kecil berwarna putih yang terkalung di dekat kerah pakaiannya.

Dilansir dari Detik Finance, rupanya benda tersebut merupakan sebuah portable air purifier. Dan rupanya pemurni udara itu tak hanya digunakan Airlangga ketika di Bintan, sebab di beberapa kesempatan sebelumnya mantan Menteri Perindustrian itu juga sudah mengenakan produk yang sama.

Lantas apa kegunaan dari alat tersebut? Sesuai dengan namanya, alat yang rupanya bermerek Wein itu berguna untuk memurnikan udara di sekitar pemakainya.

Masih dikutip dari Detik Finance, merek yang digunakan Airlangga adalah Air Supply Rechargeable AS-300R Personal Ionic Air Purifier dari Wein Product. Harga untuk produk ini, dilansir dari situs resminya, mencapai USD 149,95 atau setara Rp 2,23 juta.


Alat itu diklaim bisa menyaring partikel dari udara sebelum terhirup oleh pemakainya, bahkan untuk partikel seukuran virus Corona. Alat ini pun bisa digunakan selama 28 jam penuh setiap pengisian daya melalui kabel USB tanpa memakai baterai.

Sedangkan untuk cara kerjanya adalah dengan mendorong udara segar dan lebih bersih ke pernapasan pemakainya. Sementara sebagian besar polutan dan kontaminan udara akan dihancurkan atau dibuang dari pemakainya.

Sesuai dengan namanya, alat ini bersifat portabel alias bisa dibawa kemana-mana, apalagi karena ukurannya yang kecil dan sangat ringan. Alat ini diklaim ideal untuk perjalanan udara, bioskop, ruang tunggu, atau ruang terbatas apapun. Selain itu, alat tersebut juga dilengkapi dengan teknologi senyap sehingga tidak berisik, tanpa kipas, tanpa filter, dan bebas perawatan.

Sehingga bisa dipastikan alat tersebut bukan berarti benar-benar membuat pemakainya bebas virus Corona. Hanya saja udara yang dihirup pemakai kalung itu semestinya lebih bersih, dan akan jauh lebih efektif bila penggunanya juga mengenakan masker sesuai ketentuan yang berlaku.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts