Cek Jenis Kulit Hingga Kandungannya, Ini 7 Tips Memilih Micellar Water Yang Aman Digunakan
Lifestyle

Banyak orang yang suka menggunakan micellar water karena ringan dan tak membuat kulit kering. Namun meski terkesan ringan, kalian juga harus memahami beberapa hal sebelum memilih produk satu ini.

WowKeren - Tak kalah pentingnya dengan produk make up itu sendiri, proses membersihkan make up juga menjadi salah satu momen yang penting. Saat ini banyak sekali produk pembersih make up yang bisa kalian coba, salah satunya micellar water. Produk ini memang terlihat seperti air biasa, tetapi sebenarnya mengandung sejumlah manfaat pembersihan untuk kulit kalian.

Sebagai pembersih yang sangat lembut dan juga bebas bilas, micellar water mampu mengangkat kotoran dan make-up tanpa mengambil kelembaban kulit alami. Micellar water mengandung partikel-partikel kecil yang disebut micelles yakni gelembung pembersih kecil yang pintar ini secara aktif menarik make up dan kotoran seperti magnet.


Micelles ini menangkap dan melarutkan kotoran, minyak, dan make-up, mengangkatnya dari kulit kalian melalui pembalut kapas yang lembut dan basah. Untuk itu, banyak orang yang suka menggunakan produk satu ini karena ringan dan tak membuat kulit kering.

Namun meski terkesan ringan, kalian juga harus memaham beberapa hal sebelum memilih produk satu ini. Ada banyak pertimbangan yang harus kalian pikirkan sebelum menemtukan memakai produk yang mana. Berikut tim WowKeren rangkum 7 tips agar kalian tak salah memilih micellar water. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Pilih Produk Terbuat Dari Air yang Sudah Dimurnikan


Pilih Produk Terbuat Dari Air yang Sudah Dimurnikan

Sesuai namnya, micellar water memiliki bahan utama air. Salah satu syarat mutlak yang wajib diperhatikan saat berencana membeli produk micellar water adalah terbuat dari air yang sudah dijernihkan atau dimurnikan. Ini penting karena sebagian produk ada yang hanya menggunakan cosmetic quality water dimana jenis air ini masih menyimpan bakteri yang melepaskan endotoksin saat proses filtrasi.

Bakteri ini jika meamsuki kulit ternyata dapat menimbulkan peradangan. Beragam produsen pun turut berlomba-lomba melakukan inovasi dalam merilis micellar water dengan air yang sudah melalui proses pemurnian hingga berkali-kali. Pemberian formula yang lebih unggul karena diperkuat dengan bahan yang memberikan efek menenangkan juga tak jarang dilakukan.

2. Pilih Berdasarkan Tipe Dan Kebutuhan Kulit


Pilih Berdasarkan Tipe Dan Kebutuhan Kulit

Untuk memilih micellar water yang tepat, kalian juga perlu mempertimbangkan tipe dan kebutuhan kulit. Misalnya untuk yang punya kulit kering, kalian bisa memilih micellar water dengan kandungan yang dapat melembapkan kulit.

Sementara untuk yang punya kulit sensitif, sebaiknya hindari produk micellar water dengan kandungan yang berpotensi memicu iritasi kulit, seperti alkohol atau fragrance. Untuk kalian dengan tipe kulit normal, kamu bisa leluasa kamu bisa pilih micellar water dengan formula apa saja.

3. Utamakan Pilih Untuk Makeup Waterproof


Utamakan Pilih Untuk Makeup Waterproof

Semua memang micellar water mampu mengikat kotoran, tapi akan lebih baik jika kalian memilih produk yang bisa mengangkat makeup yang waterproof. Produk ini akan lebih menguntungkan karena kalian enggak perlu mengusap wajah terlalu keras. Waktu yang diluangkan untuk membersihkan make up pun akan lebih singkat.

Biasanya, micellar water yang dapat mengangkat makeup waterproof disertai dengan kandungan minyak. Meskipun begitu, ada pula produk yang menggunakan molekul minyak lebih kecil sehingga tidak terlihat. Agar lebih yakin, kalian dapat memilih produk yang mencantumkan keterangan tersebut pada kemasannya ya.

4. Cek Kandungan Pembersihnya


Cek Kandungan Pembersihnya

Lebih teliti lagi saat menggunakan pembersih wajah baik itu micellar water atau sabun pembersihnya. Barangkali ada kandungan yang justru membuat kulit lebih kering. Gunakan Micellar Water untuk mengawali seluruh rangkaian perawatan wajah, baik pagi maupun malam hari.

Pastikan juga komposisinya aman tidak mengandung bahan kimia berbahaya untuk kulit seperti mercury. Sebaiknya kamu pilih produk dari brand yang sudah terkenal dan senantiasa menjaga semua komposisi produknya aman digunakan ya.

5. Pilih Yang Juga Dilengkapi Dengan Bahan Kecantikan Lain


Pilih Yang Juga Dilengkapi Dengan Bahan Kecantikan Lain

Selain untuk membersihkan kulit wajah, banyak juga micellar water yang dilengkapi bahan kecantikan lainnya. Kalian dapat memilih produk yang dilengkapi glycerin, olive oil, atau argan oil sebagai kandungan pelembap untuk mencegah kulit dari kekeringan. Apabila kulit kalian mudah iritasi atau kemerahan, pilihlah produk yang mengandung cucumber extract karena bisa menenangkan kulit.

Jika ingin mencari micellar water yang mampu mencerahkan kulit, pilihlah yang mengandung pearl extract atau habbatussauda. Selain itu, penting pula memilih micellar water untuk kulit berminyak dan berjerawat yang mengandung vitamin C, asam salisilat, dan niacinamide. Pasalnya, ketiga kandungan tersebut dapat mengurangi produksi minyak berlebih dan membuat kulit wajah tidak terlalu berminyak atau mengilap.

6. Hindari Produk Yang Banyak Bahan Aditifnya


Hindari Produk Yang Banyak Bahan Aditifnya

Hal ini juga patut diperhatikan, terlebih jika kalian memiliki kulit sensitif. Kulit sensitif memang rentan terhadap iritasi. Oleh sebab itu, kalian harus lebih teliti dalam memilih produk perawatan dan pembersih kulit. Salah satu hal yang dapat kalian lakukan adalah menghindari produk yang mengandung bahan aditif dalam porsi besar.

Kebanyakan produk micellar water memang tidak mengandung alkohol. Selain alkohol, kalian juga patut menghindari bahan pewarna, pewangi, dan paraben. Saat melihat adanya tanda-tanda iritasi yang muncul setelah menggunakan micellar water, segera hentikan pemakaian.

7. Cari Yang Mengandung Pengawet


Cari Yang Mengandung Pengawet

Perlu diketahui bahwa micellar water 90% dibuat dari air, oleh karena itu produk ini perlu pengawet yang aman untuk wajah agar tahan lama. Selain memperpanjang usia produk, pengawet juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya jamur. Di dalam air mudah sekali muncul jamur dan bakteri.

Micellar water yang berbahan dasar air sebaiknya mengandung pengawet agar tidak cepat jamuran. Maka perlu diperhatikan untuk memilih produk micellar water yang mengandung pengawet agar tidak cepat jamuran.

Selain micellar water, ada juga cleansing oil yang kini sedang banyak diminati. Kalian bisa mengintip artikel ini untuk mengetahui beberapa rekomendasi cleansing oil yang ampuh bersihkan wajah. Selain itu kalian juga bisa mencoba beberapa rekomendasi produk kecantikan yang aman untuk ibu hamil di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait