Komnas HAM Minta Millendaru Pindah ke Sel Wanita Berimbas Pro Kontra Netizen
Instagram/millencyrus
Selebriti

Meski kerap bergaya wanita, Millen rupanya berada di sel tahanan pria. Komnas HAM pun akhirnya meminta agar keponakan Ashanty itu dipindah ke dalam sel wanita.

WowKeren - Millendaru alias Millen Cyrus telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan narkoba. Saat ini keponakan Ashanty itu masih berada di tahanan Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

Meski kerap bergaya wanita, Millen rupanya berada di sel tahanan pria. Hal ini merujuk pada keterangan jenis kelamin di KTP milik Millen.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pun meminta agar Millen dipindahkan. Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengaku telah berkomunikasi dengan Divisi Humas Polri terkait pemindahan Millen ke sel wanita.

"Sudah berkomunikasi dengan Divisi Hukum Mabes Polri," cuit Beka dalam akun Twitter miliknya. "Berjanji akan meneruskan permintaan Komnas ke Kapolres Tj Priok supaya yang bersnagkutan ditahan di sel perempuan."

"Punya KTP atau tidak, alamat, jenis kelamin, agama, pekerjaan sesuai KTP maupun beda dengan yang tertulis," tambahnya. "Bisa koordinasi dengan Kanit tahanan dan alat bukti Polres Pelabuhan Tanjung Priok."

Millen Diminta Pindah Sel Wanita

Twitter


Di sisi lain, Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) pun ikut melayangkan kritik. Menurut peneliti ICJR Maidina Rahmawati, Millen seharusnya ditahan di sel perempuan lantaran mengekspresikan dirinya sebagai gender perempuan.

"Menahan M (Millen) di tempat laki-laki jelas memberikan risiko keamanan pada M," ungkap Maidina dilansir CNNIndonesia. "Risiko terjadinya stigma, pelecehan hingga kekerasan, potensi pelanggaran hak asasi manusia yang tidak terhindarkan."

Kasus yang dialami oleh Millen pun dibandingkan dengan Lucinta Luna. Sebelumnya, Lucinta juga dimasukkan ke sel wanita.

Millen Pro Kontra Soal Pindah Sel

Instagram

Permintaan Komnas HAM rupanya menjadi pro kontra netizen. Sebagian netter mendukung agar Millen dimasukkan dalam sel wanita. Sedangkan netter lainnya berharap agar Millen mendapat perlakuan sesuai hukum yang berlaku.

"Kayanya tergantung sama jenis kelamin yang tertera di ktp deh," komentar akun @capri***ong. "Kan dia masih laki kan? Kenpa dah d pertanyakan?" balas akun @___l***yn.

"Iya lah kesian dong... kejiwaan nya dia sudah wanita," sahut akun @regin***mopa. "Nah saya setuju dengan komnas HAM, Secara dia cantik montok takutnya ada tahanan yang lagi birahi dan bisa melakukan pelecehan seksual terhadap dirinya," tambah akun @putra***a23.

(wk/diah)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru