Pola Makan Hingga Styling, 7 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Ketombe
Lifestyle

Meski tak berbahaya dan menular, tetapi ketombe cukup mengganggu. Umumnya, banyak orang menggunakan sampo antiketombe untuk mengatasi atau mencegah ketombe. Di samping itu, ketombe juga berkaitan dengan faktor lainnya.

WowKeren - Ketombe menjadi salah satu masalah yang sering dialami banyak orang. Ketombe merupakan hasil pengelupasan (kematian sel) kulit kepala secara berlebihan. Kalau dalam keadaan normal, pengelupasan ini berlangsung tiap bulan atau empat minggu. Namun, pada kasus ketombe yang parah, kondisi ini bisa berlangsung setiap minggu.

Bahkan, enggak jarang ada yang terjadi setiap tiga atau empat hari sekali. Meski tak berbahaya dan menular, tetapi ketombe cukup mengganggu. Umumnya, banyak orang menggunakan sampo antiketombe untuk mengatasi atau mencegah ketombe.

Sampo antiketombe memiliki beragam manfaat, seperti mengurangi pertumbuhan sel jamur atau membantu memperlambat produksi sel kulit mati. Sampo yang digunakan biasanya mengandung bahan aktif cytostatic agen, seperti selenium sulfide atau zinc pyrithione. Di samping itu, ketombe juga berkaitan dengan faktor lainnya. Berikut tim WowKeren rangkum 7 kebiasaan sederhana yang ternyata bisa memicu timbulnya ketombe. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Tidak Membilas Shampoo Dengan Bersih


Tidak Membilas Shampoo Dengan Bersih

Keramas memang salah satu cara menghilangkan ketombe. Namun keramas yang tidak benar ternyata juga bisa menjadi penyebab ketombe. Jika rambut tidak dibilas dengan benar-benar bersih, maka dapat menghasilkan residu sel kulit mati dan minyak berlebih di kulit kepala. Semua ini menyebabkan ketombe dan kulit kepala gatal.

Pastikan juga saat kalian keramas, bersihkan sampai ke seluruh area kepala dan bagian rambut. Kalian juga bisa menggunakan sikat khusus rambut untuk memastikan kulit kepala kamu bersih setiap habis keramas.

2. Jarang Menyisir Rambut


Jarang Menyisir Rambut

Rambut berketombe juga bisa disebabkan karena malas menyisir rambut. Menyisir rambut ternyata tidak hanya menjadikan rambut tampak rapi saja, tetapi juga membantu melancarkan peredaran darah sekaligus meluruhkan kotoran yang menempel pada kulit kepala dan batang rambut. Agar kulit kepala tetap sehat, sisirlah selama tiga kali dalam sehari.

Selain itu, jangan menggunakan sisir dari orang. Pakailah sisir milik sendiri. Namun, jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan sisir dengan mencucinya secara rutin. Cara tersebut akan menghilangkan kotoran atau bahkan bakteri penyebab ketombe yang mungkin menempel pada sisir.

3. Pola Makan Tak Sehat


Pola Makan Tak Sehat

Pola makan yang baik merupakan kunci untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Misalnya terlalu banyak konsumsi makanan manis atau gula, makanan pedas, junk food, makanan yang terlalu banyak mengandung garam.

Tidak apa-apa jika tidak mengonsumsinya terlalu sering, pastikan kalian juga mengonsumsi makanan sehat. Ikan, keju, telur, sayuran hijau, atau kacang-kacangan yang mengandung banyak mineral untuk kesehatan tubuh dan rambut. Coba juga masukkan sayuran dan buah-buahan segar. Tidak hanya mengatasi ketombe, tapi juga menjadi cara merawat rambut rontok.

4. Kurang atau Terlalu Sering Mencuci Rambut


Kurang atau Terlalu Sering Mencuci Rambut

Ternyata, terlalu sering mencuci rambut juga bisa menjadi penyebab ketombe. Sebab, kulit kepala yang terlalu sering terpapar dengan produk sampo bisa mengakibatkan iritasi. Ditambah lagi, ada beberapa produk sampo yang bisa menyebabkan kulit kepala gatal, kemerahan, dan bersisik.

Namun, ada anggapan bahwa jarang keramas juga bisa meningkatkan jumlah minyak dan sel kulit mati di kepala sehingga meningkatkan risiko ketombe timbul. Hal ini karena kulit kepala yang terlalu berminyak juga dapat menjadi penyebab ketombe membandel.

5. Pemilihan Shampoo Yang Salah


Pemilihan Shampoo Yang Salah

Ini merupakan penyebab ketombe yang paling umum. Pemilihan sampo yang kurang tepat menjadikan kulit kepala menjadi kering dan terkelupas akibat minyak berlebih. Karena ketombe adalah pertumbuhan jamur yang berlebih dan jamur memakan kelebihan minyak dan sel kulit mati.

Selain itu, kondisi rambut yang kotor merupakan lingkungan yang baik bagi bakteri dan jamur penyebab ketombe. Hindari dengan rutin keramas untuk menjaga kulit kepala tetap bersih. Maka dari itu, kamu perlu sampo yang tepat untuk membersihkan dan merawat kulit kepala sehingga bebas ketombe dan bebas minyak. Itu karena salah satu penyebab munculnya ketombe karena kulit kepala yang kurang bersih dan terawat.

6. Sering Menggunakan Hair Spray


Sering Menggunakan Hair Spray

Jika kalian suka hair styling setelah gunakan hair spray pastikan kalian keramas sampai bersih ya. Bukan tanpa alasan, kandungan dari hair spray yang menempel di rambut jika tidak segera dibersihkan bisa memicu munculnya ketombe di kulit kepala.

Selain itu, hair spray yang tuntas dibersihkan juga bisa membuat rambut jadi kusut, kering, dan mudah rontok. Maka dari itu, kurangi pemakain hair spray. Bisa juga mengakalinya dengan mengeramasi rambut sehabis mengaplikasikan hair spray.

7. Stress


Stress

Stres memiliki banyak efek pada tubuh manusia baik secara fisik maupun mental. Selain merugikan kesehatan mental, ternyata stres berdampak buruk pada kesehatan kulit kepala. Stres dapat menyebabkan sistem imun tubuh melemah sehingga membuat kulit kepala lebih rentan mengalami ketombe.

Salah satu penyebab ketombe yang sering tidak disadari adalah stres. Solusinya adalah tenangkan pikiran kamu dan lakukan hal lain seperti relaksasi, hiburan, olah raga ringan untuk mengontrol emosi kamu agar tidak mudah stress dan mengurangi ketombe di kulit kepala.

Selain itu, intip juga kesalahan yang sering dilakukan ketika merawat rambut di sini. Intip juga beberapa kebiasaan yang bisa sebabkan rambut rontok di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru