Mbak You Terancam Dipolisikan Soal Ramalan Jokowi Lengser, Mbah Mijan: Itu Berlebihan
Instagram
Selebriti

Melalui akun Twitter miliknya, Mbah Mijan turut menanggapi ancaman terhadap Mbak You soal ramalan Presiden Jokowi lengser. Simak penuturan lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Ramalan Mbak You yang menyebut Presiden Joko Widodo akan lengser dari jabatannya di tahun 2021 langsung menuai kontroversi. Terawangannya ini memicu kemarahan sejumlah pihak hingga terancam dipolisikan oleh Ketua Umum Organisasi Cyber Indonesia, Muannas Alaidid.

Kabar ini turut membuat peramal lain, Mbah Mijan, khawatir. Melalui akun Twitter pribadinya, Mbah Mijan menganggap laporan tersebut cukup berlebihan. Ia juga menyebut keadaan saat ini telah berubah, karena berbicara sedikitpun bisa langsung dilaporkan.

"Ramalan bisa dipenjara hanya di Indonesia! Saya sudah wanti-wanti sejak lama tentang vision yang bisa melanggar hukum, terutama saat UU ITE disahkan. Adapun rencana salah satu Peramal akan dipolisikan terkait ramalannya, saya nilai tindakan itu berlebihan, bicarakanlah dulu," tulis Mbah Mijan di Twitter pada Jumat (15/1).

Mbah Mijan Tanggapi Soal Mbak You Bakal Dipolisikan

Twitter


Pemilik nama asli Samijan ini kemudian mengingatkan para peramal agar lebih berhati-hati ke depannya. "Hati-hati, peramal berbeda dengan pelaku kriminal, koruptor, teroris, provokator, dan lain-lain. Para Peramal paham etika bernegara dan vision yang disampaikan bersifat abstak/semu. Ghaib itu ada, mistis itu nyata, ini bukan ranah yang boleh asal masuk karena ketersinggungan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Mbah Mijan mengatakan bahwa peramal dan ahli nujum di Indonesia memiliki sejarah panjang, bukan suatu profesi yang tiba-tiba ada. "Peramal dan Ahli Nujum di Indonesia bukan profesi/aktivitas yang tiba-tiba ada. Ada sejarah panjang tentang ini, ada situsnya, ada warisan, ada peninggalan yang masih dipercaya. Indonesia, Nusantara, terutama masyarakat Jawa, masih percaya tentang Ramalan Jayabaya," jelasnya.

Dia menambahkan, "Namun dengan ini, saya menghimbau, jadilah masyarakat taat hukum, apapun profesinya. Dulu, Mbah Mijan kurang vulgar apa tentang ramalan, bahkan kurang gila apa tentang vision, kematian saja diramal. Sekarang, kondisinya berbeda, kita harus taat aturan yang berlaku. The End!"

"Note!!! Dunia Metafisika adalah domain 'Segmented', justru dengan memperkarakan sebuah ramalan, artinya mengajak masyarakat untuk membenarkan atau mengakui klenik. Warning!!! Mereka hanya menyampaikan kekhawatiran yang dilihatnya, bukan memprovokasi/menghasut masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Mbak You telah memberikan klarifikasi soal ramalannya yang menyebut Presiden Jokowi akan lengser tahun ini. Menurutnya, ada beberapa pihak yang berniat jahat dengan memotong penerawangannya dan salah kaprah soal ramalan tersebut. Ia juga mengaku tak pernah membicarakan adanya pergantian presiden di tahun ini.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts