Pastikan Bantuan Tersalurkan, Jokowi Bakal Tinjau Lokasi Banjir di Kalsel
Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan meninjau lokasi banjir di Kalimatan Selatan (Kalsel) pada Senin (18/1) hari ini, demi memastikan bantuan kemanusiaan bagi korban tersalurkan dengan baik dan benar.

WowKeren - Presiden Joko Widodo berencana akan meninjau lokasi banjir di Kalimatan Selatan (Kalsel) pada Senin (18/1) hari ini. "Iya betul (hari ini) take off," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, lewat pesan singkat dilansir Detikcom, Senin (18/1).

Kunjungan Jokowi tersebut guna memastikan bangunan yang terkena dampak bisa ditindaklanjuti kementerian terkait. Selain itu, Jokowi ingin memastikan bantuan kemanusiaan bagi korban banjir Kalsel tersalurkan.

"Sarana yang terkena dampak agar PU bisa segera ditindaklanjuti, bantuan kemanusiaan dipastikan sampai, dan kebutuhan lain yang diperlukan warga, Bapak Presiden akan memperhatikan," terang Heru.


Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan 15 orang dari sejumlah lokasi telah meninggal dunia akibat banjir Kalsel. ”Korban meninggal dunia total sebanyak 15 orang,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam keterangannya seperti dilansir dari Detik, Senin (18/1). “Dengan rincian, Kabupaten Tanah Laut 7 orang, Kabupaten Hulu Sungai Tengah 3 orang, Kota Banjar Baru 1 orang, Kabupaten Tapin 1 orang, dan Kabupaten Banjar 3 orang.”

Tak hanya itu, sebanyak 10 Kabupaten/Kota terdampak banjir Kalsel. Data hingga 16 Januari menunjukkan total sebanyak 112.709 orang terdampak banjir telah mengungsi.

Banjir yang menerjang 10 kabupaten/kota di Kalsel ini ini juga telah merendam 24.379 rumah. Akibatnya pada Minggu (17/1), sebanyak 39.549 warga memutuskan untuk mengungsi.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah menetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir pada Tanggal 14 Januari 2021. Pihak BPBD juga sampai saat ini masih melakukan pendataan titik pengungsian bagi masyarakat terdampak.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait