8 Film Indonesia ini Terinspirasi dari Lagu, 'Generasi 90an: Melankolia' yang Terbaru
Film

Film 'Generasi 90an: Melankolia' belum lama ini tayang di bioskop. Film yang dibintangi Ari Irham tersebut rupanya terinspirasi dari lagu milik Sheila On 7, Dewa 19, dan Padi.

WowKeren - Inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk untuk pembuatan film. Salah satu inspirasi bisa datang dari lirik sebuah lagu. Tak hanya novel yang laris manis di pasaran, lagu fenomenal pun bisa diangkat menjadi sebuah film.

Baru-baru ini, film "Generasi 90an: Melankolia" tayang di bioskop Tanah Air yang sebagian telah kembali beroperasi. Film yang dibintangi Ari Irham tersebut diketahui terinspirasi dari lagu Sheila On 7, Dewa 19, dan Padi.

Ternyata "Generasi 90an: Melankolia" bukanlah film pertama yang terinspirasi dari sebuah lagu. Sejumlah lagu-lagu hits musisi Tanah Air rupanya juga pernah sukses diangkat sebagai sebuah film. Penasaran film apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

(wk/nere)

1. Asal Kau Bahagia


Asal Kau Bahagia

Lagu "Asal Kau Bahagia" dirilis Armada pada 3 Februari 2017. Selang 4 tahun, lagu tersebut sudah diputar 344 juta kali di YouTube. Tak salah jika rumah produksi Falcon tertarik untuk memfilmkannya dengan judul yang sama.

Film "Asal Kau Bahagia" bercerita tentang kisah cinta Aliando Syarief dan Aurora Ribero yang menggunakan nama asli untuk karakternya. Aliando mengalami kecelakaan hingga membuatnya terbaring koma. Jiwa Aliando yang masih "hidup" membuatnya mengetahui rahasia besar Aurora. Selengkapnya di Disney+ Hotstar.

2. Surat Cinta Untuk Starla


Surat Cinta Untuk Starla

Begitu pula halnya dengan lagu Virgoun yang bertajuk "Surat Cinta Untuk Starla". Lagu yang dirilis pada Februari 2016 tersebut sudah didengarkan 331 juta kali di YouTube. Sebelum diangkat ke layar lebar, "Surat Cinta Untuk Starla" dibuat dalam bentuk film pendek di YouTube.

Film "Surat Cinta Untuk Starla" dibintangi Jefri Nichol sebagai Hema Chandra. Setiap hari, Hema membawa mesin tik warisan kakeknya untuk menghasilkan karya seni yang indah. Suatu hari, Hema bertemu Starla yang diperankan Caitlin Halderman, gadis remaja yang baru saja putus cinta. Film ini sudah tayang di Netflix dan Iflix loh!

3. Mantan Terindah


Mantan Terindah

Lagu "Mantan Terindah" yang pertama kali dibawakan Kahitna tentu tak asing lagi di telinga pendengar musik Indonesia. Lagu yang sempat dipopulerkan lagi oleh Raisa tersebut menginspirasi Marcella Zalianty untuk mengangkatnya dalam sebuah film.

Dibintangi Karina Salim dan Edward Akbar, film "Mantan Terindah" menceritakan karakter Nada yang galau memilih antara takdir dan cinta. Film yang dirilis pada 2014 silam ini cukup mendapat sambutan positif karena kisah cinta yang enggak biasa.

4. Terjebak Nostalgia


Terjebak Nostalgia

Raisa sukses mempopulerkan lagu berjudul "Terjebak Nostalgia" hingga menginspirasi Rako Prijanto mengangkat kisahnya ke layar lebar. Raisa bahkan menjadi pemeran utama di film "Terjebak Nostalgia" bersama Maruli Tampubolon dan Chico Jericho.

Raisa diceritakan tak bisa move on dari Sora yang diperankan Maruli. Padahal Raisa telah berpacaran dengan Chico yang memerankan tokoh Reza. Suatu hari, Raisa menerima surat yang mengatasnamakan Sora dari New York. Kisah selengkapnya dapat disaksikan di Vidio.

5. Gelas-Gelas Kaca


Gelas-Gelas Kaca

Lagu "Gelas-Gelas Kaca" milik Nia Daniati yang populer pada 1985 silam juga diangkat ke layar lebar oleh Ben Nugraha. Film "Gelas-Gelas Kaca" menceritakan kisah hidup seorang dokter dari panti asuhan. Dokter yang diperankan Aurelie Moeremans tersebut juga memiliki fisik tidak sempurna.

Nia Daniaty juga ikut bermain dalam film "Gelas-Gelas Kaca" sebagai pemilik panti asuhan tempat Amelia, tokok yang diperankan Aurelie, tinggal. Amelia diceritakan sukses meraih cita-citanya sebagai dokter dengan kecerdasan dan hati baiknya.

6. Kamulah Satu-Satunya


Kamulah Satu-Satunya

Hanung Bramantyo diketahui membuat film dari lagu Dewa 19 yang berjudul "Kamulah Satu-Satunya". Film berjudul sama tersebut dibintangi oleh Nirina Zubir dan Junior Liem. Nirina berperan sebagai Indah yang berusaha memenangkan tiket untuk menonton konser band favoritnya, yakni Dewa 19. Film "Kamulah Satu-Satunya dapat ditonton di Vidio.

7. Rectoverso


Rectoverso

Sedikit berbeda dengan yang lain, "Rectoverso" merupakan nama album milik Dewi Lestari. Film "Rectoverso" mengangkat lima kisah di novel berjudul sama karya wanita dengan nama pena Dee tersebut. Menariknya, lima kisah di film "Rectoverso" disutradarai oleh orang yang berbeda. Di antaranya Marcella Zalianty, Cathy Sharon, Olga Lydia, Rachel Maryam, dan Happy Salma.

8. Generasi 90an: Melankolia


Generasi 90an: Melankolia

Yang terakhir sekaligus terbaru adalah film "Generasi 90an: Melankolia". Nama karakter dalam film ini mengambil dari judul lagu band-band legendaris Indonesia. Di antaranya Sheila On 7, Dewa 19, dan Padi.

Karakter Sephia yang diperankan Taskya Namya diketahui merupakan judul lagu Sheila On 7. Indah, nama karakter Aghniny Haque, terinspirasi dari lagu "Begitu Indah" milik Padi. Sedangkan "Kirana" merupakan judul lagu Dewa 19 yang karakternya diperankan oleh Jennifer Coppen.

Film "Generasi 90an: Melankolia" menceritakan tokoh Abby yang harus menerima kenyataan bahwa sang kakak, Indah, hilang dalam kecelakaan pesawat. Film produksi Visinema Pictures ini tayang di bioskop pada 24 Desember 2020 lalu, sempat nonton?

You can share this post!