Waduh! Ridwan Kamil Kabarkan Bupati-Wabup Ciamis Positif COVID-19 Walau Sudah 2 Kali Divaksin
Instagram/ridwankamil
Nasional
Vaksin COVID-19

Bupati Ciamis dan wakilnya beserta 6 pejabat setempat lain dikonfirmasi positif COVID-19 hingga Pemprov Jabar harus turun tangan. Padahal Bupati Ciamis dan wakil telah menerima 2 dosis vaksin.

WowKeren - Vaksin diharapkan menjadi penangkal tambahan untuk mencegah terinfeksi COVID-19. Namun sudah beberapa kasus COVID-19 di Indonesia dikonfirmasi setelah sang pasien menerima vaksinasi.

Namun bila biasanya pasien tersebut terkonfirmasi positif COVID-19 setelah menerima dosis perdana, kini ada yang terjangkit penyakit tersebut bahkan sesudah 2 kali divaksin. Hal ini seperti dikabarkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil soal Bupati dan Wakil Bupati Ciamis yang kini sama-sama positif COVID-19.

"Bupati dan Wakil Bupati Ciamis sekarang kena COVID, Ciamis lagi banyak," tutur Ridwan di Bandung, Rabu (3/3), merujuk pada jumlah kasus yang ditemukan di daerah tersebut selama beberapa waktu belakangan. "Walaupun sudah disuntik dua kali."

Tak hanya kedua kepala daerah, enam pejabat setempat juga dilaporkan positif terinfeksi virus SARS-CoV-2. "Tim Jabar lagi meluncur dari kemarin untuk membantu, luar biasa di sana," kata Kang Emil, demikian biasa ia disapa.


Perihal terjangkit COVID-19 yang dialami Bupati Ciamis dan wakilnya itu, Emil menduga karena vaksin yang disuntikkan belum membangun antibodi sepenuhnya. Sebab berdasarkan pengalamannya yang sudah menerima vaksin terlebih dahulu lewat program uji klinis, antibodi atas COVID-19 baru terbentuk sepenuhnya sekitar 3 bulan pasca penyuntikan vaksin dosis kedua.

"Disuntik pertama pengondisian, disuntik kedua baru merangsang secara maksimal," ujar Emil, dilansir dari Tempo. "Tapi juga (seperti) loading di komputer mah kan, loading 10 persen, 20 persen, nah itu bisa kena."

"Menjadi loading-nya di atas 90 persen setelah suntikan kedua," sambungnya. "Jadi jangan euforia, jangan lepas masker, jangan lupa prokes walaupun sudah dua kali suntik vaksin, itu poinnya."

Kendati demikian, Emil mendorong masyarakat untuk tidak meragukan vaksin COVID-19. "Lihat Ridwan Kamil saja, kira-kira begitu. Saya sudah divaksin, saya sudah melewati tiga bulan dari suntikan kedua, badan sehat, alhamdulillah," ungkapnya.

Soal kondisi tubuhnya yang terus negatif COVID-19 ini, Emil memastikan sudah valid melalui tes swab PCR. "Kemarin tes PCR dua hari yang lalu, itu sudah tes PCR yang belasan kali karena tiap ketemu Pak Presiden saya harus di PCR, dan hasilnya negatif terus," pungkasnya.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts