Cinta Laura Ungkap Pernah Alami Pelecehan Seksual, Beber Cara Buat Pelaku Ketakutan
Instagram/claurakiehl
Selebriti

Cinta Laura menceritakan bahwa ia pernah mengalami pelecehan seksual. Lantas kini ia pun membagikan tips bagaimana cara melawan pelaku hingga membuat mereka merasa ketakutan.

WowKeren - Artis Cinta Laura yang kini juga menyandang status sebagian Duta Anti-Kekerasan Anak dan Perempuan, belum lama ini menceritakan bahwa ia pernah mengalami pelecehan seksual. Cinta mengaku pernah mengalami salah satu bentuk pelecehan seksual yaitu cat calling.

Pelecehan seksual yang satu ini memang kerap dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Biasanya, cat calling ini kerap dijumpai di ruang publik dengan bentuk pelecehan verbal. Seperti, pria yang mengomentari fisik wanita yang tak dikenalnya atau pun melihat orang lain dengan cara yang tak biasa.

Oleh karenanya, cat calling kerap membuat korbannya merasa tak aman dan tak nyaman. Cinta Laura pun pernah mengalami hal ini saat dirinya tengah berjalan kaki di pusat kota. Padahal kala itu menurut Cinta ia tengah mengenakan pakaian yang tertutup.

"Aku keluar dari mobil dengan mengenakan celana panjang dan pakaian tertutup. Pakai masker juga. Tiba-tiba, ada yang bilang 'uuu seksi sekali'," ungkap artis 27 tahun itu dalam acara virtual Stand Up Melawan Pelecehan di Publik dari L'Oreal Paris, baru-baru ini.

Cinta kemudian bersikap tegas dan membuat pelaku tampak ketakutan. " Aku keluarkan hp aku, nyalain videonya, aku datangin orangnya dan bilang 'mas mau bilang itu lagi? Saya laporkan langsung'. Dan dia langsung kelihatan takut," sambung Cinta.


Oleh karenanya, Cinta memperingatkan bahwa mengenakan pakaian tertutup belum bisa menjamin seorang perempuan tidak akan menjadi korban pelecehan seksual. "Apapun yang digunakan bajunya, semua perempuan bisa kena pelecehan seksual," tambahnya lagi.

Cinta juga menjelaskan bahwa pelecehan seksual bisa saja terjadi di media sosial. Ia pun menyarankan agar masyarakat mampu melindungi data pribadi dengan memisahkan akun pribadi dan pekerjaan di media sosialnya.

"Jangan percaya third party application atau alamat situs yang dikasih secara online. Banyak hacker yang bisa akses data pribadi dan menggunakan data itu untuk hal yang tidak baik," paparnya.

Cinta juga menyebutkan bahwa pelaku pelecehan seksual kerap ada di lingkungan sekitar, bahkan orang yang dikenal sekalipun. Oleh karenanya, Cinta menegaskan korban bisa membuat pelaku ketakutan dan jera dengan cara membuat bukti dan melaporkannya.

"Jangan meladeni pelaku. Pelaku bisa memanipulasi dan mengintimidasi kita supaya takut. Cukup screenshot dan laporkan," pungkasnya.

(wk/lail)

You can share this post!

Related Posts