Ogah Ikut Sidang Virtual, Habib Rizieq Akui Didorong Dihinakan Hingga Nekat Marahi Jaksa
AFP
Nasional

Sidang lanjutan kasus kerumunan Petamburan dan tes swab RS UMMI Bogor atas Habib Rizieq dilangsungkan pada Jumat (19/3) namun yang bersangkutan enggan hadir di sidang virtual.

WowKeren - Persidangan atas kasus kerumunan Petamburan dan tes swab yang menjerat Habib Rizieq Syihab kembali dilanjutkan Jumat (19/3) hari ini. Namun seperti di persidangan sebelumnya, Rizieq rupanya enggan menghadiri sidang virtual.

Dilansir dari Detik News, Rizieq tampak memberontak ketika dibawa ke ruangan yang telah disiapkan untuk mengikuti sidang virtual. Bahkan Rizieq blak-blakan mengaku dipaksa, didorong, hingga dihinakan terkait upaya untuk mendatangkannya ke ruang sidang.

"Saya didorong, saya tidak mau hadir. Saya sampaikan ke Majelis Hakim, saya tidak ridho dunia-akhirat. Saya dipaksa, didorong, dihinakan," seru Rizieq kepada Majelis Hakim ketika ia sampai di ruang sidang virtual.

Majelis Hakim lantas meminta Rizieq untuk tenang dan duduk, namun sang pemuka agama menolak. Hakim pun menjelaskan bahwa sidang terpaksa diselenggarakan virtual karena alasan pandemi COVID-19.

Sejak Jumat pagi memang Rizieq sudah menyampaikan penolakan untuk ikut sidang virtual. "Kan saya tolak sidang online, kok saya dipaksa begini?" seru Rizieq yang akhirnya membuat petugas sampai memegangi tangannya untuk dibawa ke ruang sidang.


"Di sidang yang lalu saya sudah sampaikan ke majelis hakim, saya tidak bersedia sidang online. Silakan majelis hakim lanjutkan sidang sampai vonis tanpa kehadiran saya," ujar Rizieq, menyampaikan pembelaan kepada Majelis Hakim atas sikapnya. "Bukan (saya) tidak mau menghadiri sidang."

Sikap keras Rizieq untuk menolak menghadiri sidang virtual pun tak segan ia tunjukkan kepada jaksa. Jaksa yang merekam pernyataan Rizieq pun sampai dimarahi oleh yang bersangkutan.

"Ini rekam apa? Rekam apa? Anda ini siapa? Rekam apa? Ini ditayangkan di ruang sidang kan, berarti Anda ingin jadikan sebagai bagian ruang sidang," kata Rizieq. "Jangan dagelan lah, jangan sinetron kita. Kita jangan jadi sinetron, matikan. Saya nggak rela. Ini bukan ruang sidang, ini lorong."

Jaksa pun mencoba menjelaskan bahwa pihaknya bekerja sebagaimana tugas saja namun Rizieq tetap membantah. Rizieq menegaskan minta dihadirkan langsung di ruang sidang.

"Oh, ini menipu namanya. Ini nipu. Hadirkan saya di ruang sidang. Saya nggak mau di ruang online," tegas Rizieq.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru