Siap Menggoyang Lidah, 7 Kuliner Nusantara Legendaris Ini Bisa Dibuat Sendiri di Rumah
commons.wikimedia.org/Hanschrists
Kuliner

Tidak sulit menemukan resep masakan nusantara untuk membuatnya sendiri di rumah karena bahan-bahan yang dibutuhkan adalah bahan lokal yang mudah didapatkan.

WowKeren - Indonesia dikenal kaya akan kebudayaan yang dimilikinya. Kebudayaan yang beragam turut tercermin dalam kuliner khas masing-masing daerah yang tak kalah lezat satu sama lain. Oleh sebab itu, adalah hal wajib untuk mencicipi kuliner khas setiap kali kita berkunjung ke tempat baru di Indonesia.

Namun sayangnya, di era pandemi sekarang ini kegiatan traveling atau wisata kuliner tidak bisa dilakukan dengan leluasa seperti dulu. Pandemi COVID-19 yang menyebar masih menyisakan kekhawatiran sehingga tetap berada di rumah dan meminimalisir aktivitas di luar ruangan menjadi pilihan tepat.

Pada dasarnya, tidak sulit menemukan resep masakan nusantara untuk membuatnya sendiri di rumah. Karena masakannya khas Indonesia, maka bahan-bahan yang dibutuhkan adalah bahan lokal yang mudah didapatkan. Berikut beberapa kuliner nusantara khas masing-masing daerah yang bisa dibuat dan dinikmati sendiri di rumah.

(wk/zodi)

1. Candil Ketan Khas Jawa


Candil Ketan Khas Jawa
yummy.co.id

Menu ini cocok untuk kamu yang suka makanan manis. Buat adonan dari campuran tepung ketan, tepung tapioka, dan garam. Pulung sebesar kelereng dan letakkan di nampan yang sudah diberi kanji agar tidak lengket. Masak bahan kuah gula merah dan pandan hingga larut dan mendidih. Saring lalu masak lagi sampai mendidih.

Masukkan bola-bola ketan dan masak dengan api kecil sampai bola berubah warna menjadi kecokelatan. Masukkan larutan pengental yang terdiri dari tepung ketan dan tepung beras. Angkat dan sajikan dengan kuah santan. Untuk menambah aroma, tambahkan irisan buah nangka.

2. Pempek Palembang


Pempek Palembang
pergikuliner.com

Hidangan kenyal yang menggoda ini sebetulnya tak sulit untuk dibuat. Campur terigu, air, garam, dan gula dalam panci dan aduk rata. Nyalakan api dan aduk sampai menggumpal. Angkat. Pindahkan adonan ke baskom lalu tambahkan bawang putih dan telur kocok. Aduk rata.

Tambahkan sagu sedikit demi sedikit lalu aduk. Ambil adonan dan bentuklah seperti silinder. Isi bagian tengah dengan telur kocok. Tutup adonan pempek rapat-rapat dan pastikan tidak terbuka saat direbus. Rebus dalam air mendidih sampai matang. Angkat. Sajikan dengan kuah cuka yang sudah diberi mentimun.

3. Bubur Manado


Bubur Manado
asianfoodnetwork.com

Bubur ini terbuat dari beras, jagung pipil, singkong, labu, dan ubi kuning. Tidak sulit membuatnya. Masukkan bahan yang sudah dicuci bersih, termasuk beras, singkong dan ubi yang sudah dipotong dadu ke dalam panci yang berisi air. Jika ubi sudah lembut, masukkan bawang putih, bawang merah, daun salam, serai, serta jagung dan labu kuning sambil terus diaduk.

Masukkan garam, lada, dan kaldu jamur lalu aduk. Bila perlu tambahkan air. Setelah menjadi bubur, tambahkan sayuran berupa daun gedi, daun kunyit, daun bawang, kangkung, bayam, dan kemangi. Lalu aduk hingga rata dan angkat jika sudah matang. jangan lupa mencicipinya terlebih dahulu.

4. Tahu Tek Surabaya


Tahu Tek Surabaya
gotravelly.com

Untuk hidangan ini, kamu terlebih dahulu harus membuat sausnya. Blender kacang tanah yang sudah digoreng bersama dengan bawang putih dan cabe rawit. Tambahkan air agar lebih mudah larut. Tuang ke mangkuk lalu tambahkan gula, garam, kecap manis, dan petis udang. Aduk.

Kocok telur bersama irisan tahu lalu tambahkan garam. Goreng lalu angkat. Siapkan irisan lontong, tahu goreng, kentang goreng lalu letakkan lembaran telur di atasnya. Siram dengan saus kacang. Taburi taoge, mentimun, dan kerupuk sebelum dihidangkan.

5. Sop Konro Makassar


Sop Konro Makassar
indonesia.go.id

Menu ini cocok untuk kamu penggemar iga sapi. Untuk membuatnya empuk, kamu perlu memrestonya terlebih dahulu. Saring dan ambil kaldunya sebanyak 1 liter. Pindah ke panci baru lalu masukkan iga dan kaldu lalu ditambah dengan air biasa. Tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kluwak, serai, lengkuas, kunyit, merica, jinten, ketumbar, dan pala bubuk.

Masukkan bumbu tumis ke panci iga. Tambahkan daun salam, daun jeruk, kayu manis, dan kelapa sangrai. Aduk rata lalu tambahkan gula, garam, dan kaldu sapi sebelum dididihkan. Masukkan daun seledri dan daun bawang sebelum dididihkan lagi. Sajikan bersama nasi putih, bawang goreng, dan jeruk nipis.

6. Seblak Bandung


Seblak Bandung
selerasa.com

Menu ini sudah menjadi jajanan kekinian yang tak hanya bisa dinikmati di Kota Bandung. Cara membuatnya cukup mudah. Tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kencur, cabe merah, cabe keriting, cabe rawit, gula, garam, kaldu, dan lada bubuk yang sudah dihaluskan.

Tambahkan bakso, ceker, kerupuk yang sudah di rendam, garam, gula, lada, saus tiram, kaldu bubuk. Masak sebentar lalu tambahkan air kaldu. Masak hingga mendidih. Masukkan daun sawi, daun bawang, dan cabe rawit hingga sayur matang.

7. Soto Betawi


Soto Betawi
travelingyuk.com

Soto ini terbuat dari daging sengkel, babat, dan daging kikil. Yang membedakannya dari soto lain adalah soto Betawi menggunakan santan. Usai daging, babat, dan kikil direbus selama satu jam, tumisan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, jintan, kemiri, ketumbar, merica, dan jahe dimasukkan.

Saat menumis bumbu halus, biasanya ditambahkan cengkih, daun salam, serai, lengkuas, dan kayu manis untuk menambah aroma. Setelah itu tinggal menambahkan santan dan susu. Jika perlu, beri gula secukupnya sesuai selera. Soto Betawi biasa dihidangkan dengan bawang goreng, kentang rebus, sambal, dan emping.

Bagaimana, mudah bukan untuk membuat kuliner nusantara di rumah? Untuk lebih lengkapnya kamu bisa melihat resepnya yang banyak tersedia di internet. Selain kuliner di atas, kalian juga harus mencoba beragam nasi khas nusantara dari berbagai daerah di sini, ya. Simak juga berbagai olahan mi khas nusantara yang tak kalah lezat di artikel ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel