Digelar Hari Ini, Berikut 6 Fakta Menarik tentang Pemakaman Pangeran Philip
Selebriti
Pangeran Philip Meninggal Dunia

Prosesi pemakaman Pangeran Philip akhirnya digelar pada Sabtu (17/4) sore waktu setempat. Berikut beberapa fakta menarik dari pemakaman suami Ratu Elizabeth II tersebut.

WowKeren - Setelah meninggal pada Jumat (9/4) lalu, pemakaman Pangeran Philip akhirnya digelar pada Sabtu (17/4) sore waktu setempat atau Sabtu (17/4) malam waktu Indonesia. Prosesi pemakaman yang hanya dihadiri oleh kerabat dekat tersebut berlangsung lancar dan khidmat.

Karena masih dalam situasi pandemi, prosesi pemakaman dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Para hadirin termasuk anggota keluarga Kerajaan Inggris tampak menggunakan masker dan tertunduk sedih sepanjang acara.

Di balik itu, ada beberapa fakta menarik yang tersimpan dalam prosesi pemakaman Pangeran Philip. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel WowKeren berikut ini:

(wk/eval)

1. Dimakamkan Secara Seremonial, Bukan Kenegaraan


Dimakamkan Secara Seremonial, Bukan Kenegaraan
BBC

Sesuai dengan keinginan mendiang, pemakaman Pangeran Philip berlangsung secara seremonial, bukan pemakaman kerajaan yang ramai. Prosesi ini senada dengan pemakaman Putri Diana yang wafat pada tahun 1997 dan ibunda Ratu Elizabeth II pada tahun 2002 lalu.

2. Mobil Jenazah Didesain Sendiri oleh Pangeran Philip


Mobil Jenazah Didesain Sendiri oleh Pangeran Philip
PA Media

Peti mati Pangeran Philip dibawa menggunakan mobil Land Rover yang telah didesain khusus. Kabarnya, mendiang membantu merancang kendaraan tersebut selama 16 tahun hingga penyesuaian terakhir pada 2019.

3. Keluarga Kerajaan Tidak Mengenakan Pakaian Militer


Keluarga Kerajaan Tidak Mengenakan Pakaian Militer
PA Media

Tak seperti tradisi, anggota keluarga Kerajaan Inggris tidak menggunakan pakaian militer selama pemakaman Pangeran Philip. Sebagai gantinya, mereka kompak mengenakan pakaian duka serba hitam dengan masker berwarna senada.

4. Barang Pribadi Pangeran Philip Diletakkan di Atas Peti Mati


Barang Pribadi Pangeran Philip Diletakkan di Atas Peti Mati
Reuters

Peti mati Pangeran Philip dihiasi dengan karangan bunga yang dipilih sendiri oleh sang Ratu. Selain itu, barang-barang pribadi milik mendiang seperti topi dan pedang angkatan laut juga tergeletak di atasnya.

5. Ada Bendera Khusus di Atas Peti Mati


Ada Bendera Khusus di Atas Peti Mati
PA Media

Terdapat bendera khusus yang dipasang di atas peti mati Pangeran Philip, yang disebut dengan standard. Bendera tersebut mewakili bendera pribadi mendiang, label kenegaraan, bendera dari garis keturunan Yunani serta bendera marga ibunya, Mounbatten.

6. Lagu Pemakaman Dipilih Sendiri oleh Pangeran Philip


Lagu Pemakaman Dipilih Sendiri oleh Pangeran Philip
PA Media

Pangeran Philip telah mempersiapkan pemakamannya selama bertahun-tahun. Ia bahkan telah memilih musik dan memastikan agar upacara tersebut mencerminkan afiliasi militer serta kepentingan pribadinya.

Paduan suara selama ritual pemakamannya menyanyikan lagu-lagu pilihan mendiang, seperti Jubilate in C milik Benjamin Britten, salah satu komposer Inggris paling penting di abad ke-20. Ia juga meminta paduan suara menyanyikan lagu adaptasi Mazmur 104 yang diiringi oleh musik William Lovelady. Ini merupakan lagu spesial yang dinyanyikan dalam perayaan ulang tahun ke-75 dari Duke of Edinburgh tersebut.

Sementara itu, Pangeran Philip meninggal dunia pada Jumat (9/4) dalam usia 99 tahun di Kastil Windsor setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Sebelum meninggal, ia sempat dikabarkan menjalani operasi untuk menghilangkan sumbatan di arteri jantung di RS St Bartholomew pada bulan Maret lalu.

Selamat jalan, Pangeran Philip! Semoga Engkau selalu beristirahat dalam damai.

You can share this post!

Related Posts