Anti Pukul Anak Demi Biasakan Salat, Meisya Siregar Pilih Lakukan Ini
Instagram/meisya__siregar
Selebriti
Ramadhan 2021

Sebagai orangtua, Meisya Siregar bertanggung jawab untuk mendidik ilmu agama kepada anak-anaknya. Menghindari pukulan saat membiasakan anak-anak salat, Meisya terapkan cara ini.

WowKeren - Bertepatan dengan Ramadan, banyak artis yang turut membagikan pesan kebaikan. Seperti yang dilakukan oleh Meisya Siregar pada postingan terbarunya.

Lewat Instagram pribadinya, Meisya mengunggah foto keluarganya sedang melakukan salat berjamaah. Ibadah itu dipimpin oleh suami Meisya, Bebi Romeo. Pada foto itu kelima anggota keluarga tampak kushyuk dalam melakukan salat.

Seiring dengan postingan tersebut, Meisya membagikan cara untuk membiasakan anak mendirikan ibadah salat. Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan bagaimana caranya agar anak salat tanpa harus disuruh terlebih dulu.

"Kalian setuju ga, anak boleh di pukul kalo ga mau sholat klo usianya udah 10 thn ?," buka Meisya pada postingan pada Jumat (23/4). "Kami sih maknai hadist tsb : pukulan menjadi suatu perumpamaan yg mana mereka harus diberikan ' pelajaran ' shg mrk 'kapok' utk tdk meninggalkan sholat."

Meisya berpendapat bahwa pelajaran untuk anak tidak harus dengan pukulan. Ia dapat menerapkan cara lain untuk menegur anak yaitu, dengan mengurangi uang jajan, mengurangi penggunaan gagdet, dan melarang apapun yang mereka senangi.


Bagi Miesya beserta suami, wajib hukumnya untuk mendidik anak agar lebih mengenal dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Mereka juga menanamkan nilai agama dari kecil sembari memberikan teladan yang baik untuk anak-anak.

"Caranya dg hal yg basic, ajarin Al Fatihah pertama mereka, doa doa pendek, les in ngaji, mendongeng Nabi2, dan sholat berjamaah dimanapun, kapanpun bisa," lanjut Meisya. "Kami sadar, kebiasaan sholat itu ga bisa terbentuk nunggu mereka 'mau' dan 'pengen', harus di biasain."

Kemudian Meisya menambahkan bahwa salat adalah syariat yang tidak bisa ditawar. Seseorang akan dengan sendirinya melakukan semua syariat jika mereka mencintai Tuhan dan hanya mengejar ridho-Nya. Sehingga untuk menumbuhkan rasa cinta itu Meisya mendorong anak-anaknya agar lebih mengenal Tuhan.

"Semoga semua anak cucu kita semua yg baca caption panjang ini, tergolong orang orang yang selalu mendirikan sholat. Perkenankan doa kita semua Ya Allah 🙏🏻 Aminin yuk bisa yukk ... !" tutup Meisya.

Postingan Meisya itu mendapat sorotan karena dapat mengartikan salah satu hadis tanpa unsur kekerasan. Ia mengartikan kata "pukulan" sebagai teguran semata, bukan secara harfiah harus memukul anak agar salat.

Sependapat dengan Meisya, seorang netizen berkomentar, "Betul sekaliii, yg dipukul tuh jiwanya dengan nasihat dan pelajaran yang baik . Bukan fisiknya . Karena Rasulullah itu orang yg sangat lembut sikap dan prilakunya ❤️😍."

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts