Tengku Zulkarnain Sempat Dakwah Keliling Riau Sebelum Dinyatakan Positif COVID-19 dan Meninggal
Nasional

Sebelum diketahui positif COVID-19 dan meninggal dunia, pria yang akrab disapa Tengku Zul tersebut sempat keliling untuk menggelar ceramah di sejumlah wilayah di Provinsi Riau.

WowKeren - Mantan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain dilaporkan meninggal dunia pada Senin (10/5) hari ini. Sebelum diketahui positif COVID-19, pria yang akrab disapa Tengku Zul tersebut sempat keliling untuk menggelar ceramah di sejumlah wilayah di Provinsi Riau.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Direktur Corporate Communication Tabrani Group, Ian Machyar. "Beliau baru mengaji di berbagai kota di Riau. Yang saya dengar begitu dari asistennya. Dari Dumai, Kuantan Singigi (Kuansing), dari Kuansing ke Pekanbaru," kata Ian, Senin (10/5).

Sebelum pulang ke Medan, Tengku Zul sempat tes swab virus corona. Tes tersebut lantas menunjukkan hasil positif virus corona. "Karena positif langsung kita rawat, karena rumah sakit kita kan rumah sakit rujukan COVID-19," ujarnya menambahkan.


Zulkarnain rupanya juga memiliki penyakit penyerta atau komorbid yakni diabetes mellitus. Menurut Ian, hal ini bisa memperparah kondisi badan apabila terpapar COVID-19. Selain itu menurut dokter yang merawat Tengku Zul, kondisinya kerap berubah-ubah.

"Jam ini membaik tapi jam berikutnya memburuk nanti membaik lagi. Emang kalau yang berat Diabetes Melitus itu kalau asma. Itu berat sekali," ujar Ian. "Yang penting harus penting jaga imun tubuh."

Sebelum meninggal, Tengku Zul sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Tabrani, Pekanbaru, sejak 2 Mei 2021 lalu. Menurut pengelola rumah sakit, ia menghembuskan napas terakhir satu menit setelah azan maghrib di Riau.

"Iya, betul baru saja. Satu menit setelah azan. Saya dari pagi saya ngurus dia, setelah azan meninggal," ungkap Ian mengutip detikcom. "Selepas Magrib sudah tidak ada. Ini semua sedang diurus administrasinya."

(wk/zodi)

You can share this post!